Presiden Jokowi Beri Kepastian soal Para Pemimpin Negara yang Hadir di KTT G20 Bali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kepastian soal siapa saja pemimpin negara yang akan hadir di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali

Presiden Joko Widodo. Foto-Biro Setpres

apahabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kepastian soal siapa saja pemimpin negara yang akan hadir di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada pekan depan. Jokowi menyebut ada 17 kepala negara yang akan hadir.

Dia pun memastikan 17 itu termasuk Presiden Amerika Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping. Jokowi mengatakan jumlah yang hadir itu sudah cukup baik.

"Sudah, sudah, yang sudah pasti 17," kata Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/11/2022). 

Lalu, Jokowi juga berbicara soal kondisi dunia yang tengah dilanda ketidakpastian. Pada penyampaiannya, Jokowi telah meninjau kesiapan sejumlah fasilitas KTT G20.

Putin dan Zelensky Hadir?

Jokowi sudah menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terkait kehadiran di KTT G20 di Bali. Jokowi mengatakan kedua pemimpin tersebut masih mempertimbangkan situasi dan kondisi di negara masing-masing.

Hal ini dikatakan usai dirinya melakukan telepon dengan Putin dan Zelensky.

"Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky. Beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan," kata Jokowi berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (8/11).