Korea Open 2023

Pramudya/Yeremia Awali dengan Positif di Korea Open 2023

Ganda Putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan menjalani pertandingan pertama dengan positif usai melangkah ke babak 16 besa

Ganda Putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. (foto: dok. pbsi)

apahabar.com, JAKARTA - Ganda Putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan menjalani pertandingan pertama dengan positif usai melangkah ke babak 16 besar Korea Open 2023.

Di pertandingan babak 32 besar yang berlangsung di Jinnam Stadium, Selasa (18/7) sore, Pramudya/Yeremia sukses meraih kemenangan atas pasangan Denmark Jeppe Bay/Lasse Molhede asal Denmark dengan dua gim langsung 21-18, 21-16.

Bagi Pramudya/Yeremia, ini menjadi awal positif untuk melangkah lebih jauh di turnamen BWF berlevel super 500 tersebut. Sebab semua latihan yang dilakukan selama menjalani persiapaan berhasil dijalankan dengan baik termasuk adaptasi dengan lapangan.

"Ketenangan menjadi faktor penting karena biasanya pertandingan pertama ada rasa panik dengan kondisi lapangan tapi kami bisa tenang mengontrol segi non teknisnya dan berhasil," kata Pramudya.

Baca Juga: Jojo dan Ginting Absen, Chico Jadi Andalan di Korea Open 2023

Melaju ke babak 16 besar, Pramudya/Yeremia mengaku belum puas dengan penampilannya. Mereka ingin terus meningkatkan performa.

"Kami masih ada unforced errors hari ini yang seharusnya tidak terjadi. Kami mau perbaiki itu dan semoga performa bisa meningkat di pertandingan selanjutnya," ucap Pramudya.

Di babak berikut, Pramudya/Yeremia akan menghadapi pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang sukses melangkah usai mengalahkan wakil Filipina, Christian Bernardo/Alvin Morada, 21-13, 21-10. 

Pasangan berperingkat 25 dunia ini tentu harus waspada. Dari tiga pertemuan sebelumnya, Pramudya/Yeremia hanya mendapatkan sekali kemenangan dan menderita dua kekalahan.  

Sayangnya, langkah Pramudya/Yeremia tidak mampu diikuti dua pasangan lainnya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. 

Leo/Daniel kandas dari pasangan Chinese Taipei, Lu Ching Yao/Yang Po Han 11-21, 21-16, 13-21. Sedangkan Bagas/Fikri takluk 6-21, 10-21 oleh wakil tuan rumah Jin Yong/Na Sung Seung.

Bagas/Fikri mungkin yang paling kecewa dengan hasil pertandingan tersebut. Sebab, pasangan berperingkat 14 dunia ini benar-benar tak bisa mengimbangi permainan lawannya.

Baca Juga: Tim Bulu Tangkis Indonesia Jaga Fokus Jelang Korea Open 2023

Padahal di dua pertemuan sebelumnya, Bagas/Fikri selalu meraih kemenangan atas Yong/Seung, termasuk di Indonesia Masters 2023 lalu.

"Ini bukan tipe permainan kami yang sebenarnya. Kami tidak bisa bilang apa-apa, kami harus introspeksi diri," ucap Bagas.

Indonesia sudah menempatkan dua wakil di babak 16 besar. Selain Pramudya/Yeremia, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga lolos usai lawannya Hei Yong Kai Terry/Jessica Tan Wei Han (Singapura) mengundurkan diri.

Chico Aura Dwi Wardoyo (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani (tunggal putri), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra), dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran) baru akan bertanding di babak 32 besar, Rabu (19/7) besok.