Kalsel

Positif Covid-19 di Banjar Bertambah 2, Satu Satpam Masjid

apahabar.com, MARTAPURA – Nasib kurang baik menimpa seorang petugas keamanan atau satpam sebuah masjid di Kertak…

Konferensi pers Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banjar di Command Center, Martapura, Sabtu (11/4). Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Nasib kurang baik menimpa seorang petugas keamanan atau satpam sebuah masjid di Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar. Ia dinyatakan positif virus Corona (Covid-19).

“Beberapa malam yang lalu dia sesak napas kemudian tersungkur. Setelah diperiksa ternyata positif Covid-19,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Banjar Dokter Diauddin jumpa pers via daring, Sabtu (11/4).

Selain petugas keamanan masjid tersebut rekannya sebagai marbot atau penjaga masjid dan anggota keluarganya terpaksa harus dikarantina karena sempat berinteraksi dengan si satpam.

“Total sekitar 23 yang sempat berinteraksi, dan diisolasi secara mandiri. Hal ini dilakukan supaya tidak menambah angka positif Covid-19,” tambahnya.

Kebetulan satpam tadi merupakan klaster Ijtima Ulama Asia di Gowa, Sulsel.

Sementara Ketua GTPP Banjar HM Hilman mengatakan dengan kondisi sebagian masyarakat yang tidak disiplin menjalankan arahan pemerintah untuk menjaga jarak, maka transmisi lokal (penularan dalam daerah) rentan terjadi.

Oleh karenanya, lanjut Hilman, bentuk kegiatan yang mengumpulkan orang banyak saat ini dilarang. Termasuk menggelar kegiatan keagamaan dan salat berjemaah di masjid.

“Kita sebenarnya tidak melarang Salat Jumat atau lainnya, hanya saja melarang kegiatan berkumpul orang banyak, karena sangat rentan penyebaran Covid-19,” ungkap Hilman.

Untuk sementara, tambah Hilman, masjid di Kertak Hanyar ditutup sementara. Ia mengimbau kepada pengurus masjid lain di Kabupaten Banjar agar tetap mengikuti fatwa MUI, terlebih Kabupaten Banjar termasuk zona merah.

Secara rinci kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar, ada 102 Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil, dan penambahan 2 orang positif kini menjadi 4 orang.

Kemudian ada 47 orang yang kontak erat dengan pengidap Covid-19, serta 1 pasien positif dinyatakan sembuh atau negatif beberapa hari lalu.

Sementara Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto meminta masyarakat jangan panik apalagi takut. Tetap waspada serta mematuhi imbauan dari pemerintah.

"Kita bersama Gugus Tugas selalu berupaya menekan jumlah angka kasus Covid-19, oleh karena itu tolong masyarakat agar mematuhi segala arahan pemerintah, supaya kondisi tidak nyaman ini segera berlalu,” imbau Dandim.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Fariz Fadhillah

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.