Nasional

Polri Pastikan PU Atasan Egianus Kogoya Juga Akan Diburu

apahabar.com, JAKARTA – Polri memastikan juga akan mencari atasan pemimpin kelompok kriminal bersenjata (KKB), Egianus Kogoya,…

Kadiv Humas Polri Brigjen M Iqbal.Foto-detik.com

apahabar.com, JAKARTA – Polri memastikan juga akan mencari atasan pemimpin kelompok kriminal bersenjata (KKB), Egianus Kogoya, yang berinisial PU. PU disebut orang yang merestui Egianus untuk melakukan penyerangan.

“Siapa saja yang terkait dengan Egianus Kogoya, kita akan kejar sangat sampai proses hukum,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Mohammad Iqbal, seperti dilansir detikcom, Rabu (12/12/2018).

Iqbal menegaskan Polri akan mencari siapapun yang berada di balik penyerangan pekerja Trans Papua. Dia mengatakan Polri akan menyelesaikan masalah tersebut hingga akar.

“Soal PU atau siapapun yang berada dibalik penyerangan itu, kita akan usut sampai akar, bukan hanya PU saja, semuanya pasti akan kita usut, karena ini proses hukum,” tegasnya.

Sebelumnya, polisi menyebut Egianus Kogoya, pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua, punya atasan berinisial PU. PU-lah yang disebut merestui Egianus cs menyerang kamp pekerja PT Istaka Karya di Yigi, Nduga, Papua.

“Diduga ikut merestui terjadinya penyerangan tersebut. Panglima tersebut atas nama PU dan di bawah-bawah, kaki-kakinya pun juga memiliki daya operasi yang ada di Nduga tersebut,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (12/12/2018).

Kasus ini bermula pada 1 Desember 2018, KKB mendatangi kemah karyawan PT Istaka Karya yang sedang membangun jembatan trans Papua di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga. Keesokan harinya, puluhan pekerja dieksekusi mati dengan cara ditembak di Bukit Kabo.

Beberapa di antaranya berhasil melarikan diri dan dievakuasi dari ancaman KKB. Hingga saat ini, aparat TNI-Polri masih mengejar anggota KKB dan belum menangkap satu pun pelaku.

Baca Juga:Selama 2018 Polres Balangan Ungkap 51 Kasus Narkoba

Sumber : detik.com
Editor : Aprianoor