Polisi Ungkap Tampang dan Modus Maling Mobil di Wisuda ULM

Terungkap identitas pelaku pencurian mobil saat wisuda di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) beberapa waktu lalu.

Dua barang bukti berupa dua mobil yang dibawa kabur MSR, setelah berpura-pura menjadi tukang parkir. Foto: Polres Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Terungkap identitas seorang pelaku pencurian mobil di acara wisuda Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarbaru beberapa waktu lalu.

Pelaku berinisial MSR. Pria berusia 27 tahun ini merupakan warga Manarap Lama, Kecamatan Kertak Hanyar, Banjar.

MSR berhasil diringkus Sat Reskrim Polres Banjarbaru bersama Macan Kalsel Polda Kalimantan Selatan, Rabu (16/10).

Tidak hanya menangkap pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti curian berupa sebuah mobil Mitsubishi Xpander warna hitam, Toyota Kijang Innova putih dan sebuah motor Suzuki Nex.

"Modus yang digunakan pelaku adalah menyamar menjadi juru parkir dalam kegiatan wisuda di ULM," papar Kasat Reskrim Polres Banjarbaru, AKP Haris Wicaksono, Kamis (17/10).

Baca Juga: Maling Mobil di Acara Wisuda ULM, Polisi Ringkus Seorang Pelaku

Korban pun percaya begitu saja, karena sekilas hak tersebut tampak lumrah. Terlebih pelaku juga meminta korban untuk mengamankan barang berharga di dalam mobil.

Namun demikian, pelaku meminta korban untuk meninggal kunci di dalam mobil dengan alasan agar mudah mengatur posisi parkir.

Belakangan bukan diparkir dengan benar, karena kedua mobil tersebut dibawa kabur oleh pelaku.

"Diketahui Xpander tersebut dibawa kabur 21 Agustus 2024 lalu, juga dalam acara wisuda. Sedangkan Innova dicuri 15 Oktober 2024," jelas Haris.

"Ini merupakan modus baru. Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan jangan percaya kepada siapa pun terkait barang berharga," tandasnya.