Kalsel

Police Goes To Campus, Kombes Muji: Komitmen Polri Kampanyekan Tertib Berlalu Lintas

apahabar.com, BANJARMASIN – Dalam menciptakan generasi muda yang tertib berlalu lintas, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah…

Police Goes To Campus. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dalam menciptakan generasi muda yang tertib berlalu lintas, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatanrutin menggelar kegiatan Police Goes To Campus.

Kali ini, ratusan Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin jadi sasaran polisi lalu lintas.

Bertempat di Theater Hall Fisip Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan, Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Muji Ediyanto memberikan kuliah umum kepada ratusan akademika dengan mengangkat tema 'Peran E-Tilang Di Kota Banjarmasin'. Kuliah umum ini berisi penjelasan tentang penerapan Tilang Elektronik serta peranannya dalam keselamatan berlalu lintas.

Dirlantas Polda Kalsel Kombes Muji Ediyanto kepada apahabar.com mengatakan, Program Police Goes to Campus merupakan wujud komitmen kepolisian membangun kesadaran tertib berkendara kepada masyarakat usia muda dan telah lama dilaksanakan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Menurutnya, kegiatan ini untuk memberikan edukasi tentang lalulintas, khususnya tentang Undang-Undang lalu lintas.

“Kami hadir ke kampus Unlam Banjarmasin ini untuk memberikan pemahaman tentang UU Lalulintas yang di UU ini juga memuat tentang tugas pokok dan kewenangan kami dari kepolisian. Selain itu kami memberikan pemahaman tentang penerapan tilang baru, yakni ETLE, tilang Elektronik yang beberapa waktu lalu kita sudah ujicoba kan di Banjarmasin,” terang Muji.

Dalam kesempatan itu pihaknya mengajak para mahasiswa untuk dapat berpartisipasi dan menaati peraturan lalu lintas. Hal ini, kata Muji, agar tercipta pengemudi yang berkeselamatan dan mencegah kecelakan lalu lintas.

“Kecelakaan lalu lintas pada dasarnya berawal dari pelanggaran dalam berlalu lintas itu sendiri, ke depannya kami berharap tidak ada lagi korban kecelakaan dari mahasiswa atau pelajar,” sebutnya.

Ia menambahkan, mahasiswa adalah aset bangsa yang harus diperhatikan dengan cara itu pihaknya ingin para mahasiswa bisa peduli terhadap keselamatan dalam berkendara.

“Selain itu mahasiswa dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas yang dapat mengajak masyarakat pengguna jalan lainnya untuk merubah perilaku belum tertib menjadi perilaku tertib berlalu lintas berkeselamatan,” terangnya.

Dikatakan Dirlantas, kegiatan ini juga merupakan wujud kedekatan Polri kepada para adik-adik mahasiswa. "Jadi intinya kegiatan ini adalah kita ini mendekatkan kepada mereka adik-adik mahasiswa, karena umur mereka adalah yang disebut sebagai umur milenial," tandasnya.

Kegiatan Police Goes To Campus berjalan dengan penuh semangat dari ratusan peserta. Sesi tanya jawab pun semakin meriah dengan selingan joke-joke dari pihak kepolisian.

Baca Juga: MoU Ok Oce, Sandiaga Uno Ingin Lahirkan Puluhan Ribu Pengusaha di Banjarbaru

Baca Juga: Sudian Noor: Peringatan Hari Ibu sebagai Sebuah Momentum Kebangkitan Bangsa

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif