Kalsel

PMI Ajak Pemkot Banjarmasin Serukan ASN Donorkan Plasma Konvalesen

apahabar.com, BANJARMASIN – Beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan penyintas Covid-19 di Kota Banjarmasin turut…

Oleh Syarif
Ilustrasi donor darah. Foto-Pixabay

apahabar.com, BANJARMASIN – Beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan penyintas Covid-19 di Kota Banjarmasin turut mendonorkan plasma konvalesen.

Plasma ini dilakukan untuk membantu proses penyembuhan warga yang terinfeksi Covid-19.

Melalui terapi ini, proses penyembuhan pasien yang terinfeksi virus corona dianggap bisa lebih cepat, antara 60-90 persen.

Kendalanya tidak seluruh ASN yang mendonorkan plasma konvalesen.

Kepala UDD PMI Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit juga berkeinginan, agar institusi pemerintahan bisa menyerukan para ASN yang pernah terpapar virus untuk menjadi pendonor plasma konvalesen.

Dimana saat ini, lanjut Rama, hanya beberapa ada orang dan secara pribadi saja yang datang dan bersedia menjadi pendonor. Sedangkan secara institusi atau instruksi pimpinan belum ada sama sekali.

“Padahal kita sudah sering mengimbau,” ujarnya.

Bukan tanpa sebab, jumlah ASN yang mencapai ribuan orang sangat berpotensi membantu ketersediaan stok plasma konvalesen.

Meskipun tidak semua orang yang bisa menjadi pendonor.

Yaitu hanya orang-orang yang benar dinyatakan sembuh secara sendiri dari Covid-19. Kemudian telah dinyatakan negatif dan tidak bergejala selama 14 hari.

“Tidak semua bisa. Jika orang itu sudah pernah mendapatkan plasma konvalesen maka tidak bisa jadi pendonor. Karena dia sembuh bukan karena anti bodinya. Padahal titer anti bodinya itu yang kita ambil untuk diberikan kepada pasien Covid-19,” pungkasnya.