Waduk Pluit

PLN Pastikan Waduk Pluit Siap Hadapi Cuaca Ekstrem

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya lakukan pengecekan peralatan dan kesiapan personel untuk siaga banjir di Waduk Pluit, Penja

PLN dan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mengecek kesiapan alat Waduk Pluit,Penjaringan, Jakarta Utara ,antisipasi cuaca ekstrem, Selasa (14/11). Foto: apahabar.com/Ryan Suryadi

apahabar.com, JAKARTA - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya lakukan pengecekan peralatan dan kesiapan personel untuk siaga banjir di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (14/11/2023). Hal ini dilakukan karena kawasan DKI Jakarta mulai memasuki musim penghujan.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran mengungkapkan PLN telah menyiapkan personel, peralatan, serta Standard Operational Procedure (SOP) Siaga Banjir 2023. Salah satunya mengantisipasi cuaca esktrem yang mungkin terjadi.

“Sejak 2020, kami telah melakukan mitigasi terhadap gardu rawan banjir. Kamu sudah melakukan peninggian gardu distribusi hingga peninggian instalasi,” ujar Lasiran kepada wartawan, Selasa (14/11).

Baca Juga: PLN Klaim PLTS Cirata Mampu Kurangi 214 Ribu Ton Emisi Karbon per Tahun

PLN juga bekerja sama dengan Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta untuk memastikan pasokan listrik ke seluruh rumah khususnya di Jakarta. Pihaknya, juga menyiagakan sebanyak 2.148 personel serta peralatan siaga banjir.

"Di antaranya 16 unit perahu karet, enam unit mobil wheel drive, 58 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan total kapasitas 10.320 kVA. Kemudian delapan unit Unit Kabel Bergerak (UKB) dengan total panjang 10.597 meter," katanya.

Selain itu juga menyiagakan 68 unit Gardu Bergerak (UGB) dan Unit Trafo Bergerak (UTB) dengan total kapasitas 39.120 kVA. Serta tiga unit genset portable total kapasitas 975 kVA, lima unit mobil deteksi, tiga unit mobil assessment dan dua unit crane.