Tak Berkategori

PLN Jamin Haul Guru Sekumpul Ke-14 Bebas Biarpet!

apahabar.com, BANJARMASIN – PT (PLN) Persero Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW…

Mobile UPS penyuplai listrik turut disediakan PLN guna menjamin Haul Guru Sekumpul Ke-14 bebas dari biarpet. PLN for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – PT (PLN) Persero Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) melakukan sejumlah persiapan guna menyukseskan Haul Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini Abdul Ghani ke-14, 9 Maret 2019 mendatang.

Mulai dari membentuk tim siaga khusus. Membuat prosedur tetap. Hingga, mengambil sejumlah langkah preventif.

Sejak awal Februari 2019 misalnya, langkah preventif turut diambil perseroan tersebut adalah prediktif maintenance. Yakni, melakukan perintisan pohon dan pemeriksaan jaringan.

Khususnya di titik lokasi kegiatan Haul Guru Sekumpul, yakni Jalan Sekumpul, Gang An-Nur, Martapura, Kabupaten Banjar.

“Semua potensi gangguan yang diindikasi dapat menggangu jaringan, seperti sentuhan pohon atau benda asing lainnya sudah kami inspeksi dan ambil tindakan penanganan,” jelas dia.

Di titik lokasi pelaksanaan Haul Guru Sekumpul, khususnya di Kubah Makam Guru Sekumpul & Musala Ar Raudhah sebagai lokasi utama acara, PLN menyiapkan skema pengamanan suplai listrik secara berganda.

Yakni dengan menyiapkan 6 sistem back-up, yang terdiri dari 1 Unit Gardu Bergerak (UGB) 2 x 250 kVA, 1 buah Genset siaga 400 kVA dan 4 penyulang.

Baca Juga:Haul Sekumpul Ke-14, Intip Kiat Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik

“Jika genset 250 kVA milik pelanggan yang digunakan sebagai suplai utama mengalami gangguan, maka sistem back-up kami akan langsung mengambil alih suplai listrik dengan kecepatan 0,2 detik. Nyaris tidak akan dirasakan oleh jemaah”, jelas Bayu.

Lebih lanjut Bayu mengatakan selain menyiapkan keandalan sistem jaringan distribusi, pihaknya juga sudah menyiapkan 166 personel dan 7 posko. Mereka akan disiagakan menjaga keamanan suplai listrik pada pelaksanaan Haul nantinya.

Meskipun sudah melakukan berbagai upaya agar suplai listrik saat pelaksanaan kegiatan Haul Guru Sekumpul tetap terjaga. Bayu juga mengajak semua pihak untuk mendoakan, agar gangguan di luar kendali PLN tidak terjadi.

"Kami sudah berupaya secara maksimal agar pasokan listrik menjelang pelaksanaan Haul Guru Sekumpul ke-14 nanti dapat terjaga dengan lancar. Mohon doa-nya agar upaya yang sudah kami lakukan dapat menghindari hal yang tidak diinginkan, sehingga acara dapat berjalan lancar, sehingga aktivitas jemaah nantinya dalam keadaan nyaman dan khidmat," ungkap dia.

Sebagai informasi, jumlah jemaah yang akan hadir dalam haul ke-14 tahun ulama karismatik itu pada Minggu, 3 Rajab 1440 H atau 10 Maret 2019 mencapai 2 juta orang. Mereka berasal dari jemaah domestik maupun mancanegara.

Adapun titik lokasi yang masuk pengamanan suplai listrik oleh PLN saat pelaksanaan kegiatan Haul Guru Sekumpul ke-14 adalah Kubah Makam Guru Sekumpul, Komplek Kediaman Guru Sekumpul, VIP Room Bandar Udara Syamsudin Noor, Hotel Novotel, Hotel Aston, dan Hotel Grand Dafam.

Baca Juga:Haul Guru Sekumpul Ke-14, Polda Kalsel Gelar Pasukan

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Fariz Fadhillah