Pemilu 2024

PKS Targetkan 18 Kursi DPRD Jatim, Andalkan Perempuan dan Anak Muda

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur telah mendaftarkan 120 bakal calon anggota legeslatif (bacaleg) DPRD Jawa Timur di KPU Jatim hari ini (12/5).

PKS Jatim targetkan 18 kursi di DPRD Jatim (12/5). Foto: apahabar.com/HanaaSeptiana

apahabar.com, SURABAYA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur telah mendaftarkan 120 bakal calon anggota legeslatif (bacaleg) DPRD Jawa Timur di KPU Jatim, Jumat (12/5). Dari keseluruhan bacaleg yang didaftarkan, PKS menargetkan 18 kursi DPRD Jatim.

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan mengatakan bahwa profil 120 bacaleg PKS Jatim sangat beragam. Bahkan, lebih dari 50 persen bacaleg PKS Jatim merupakan perempuan dan anak muda seperti milenial dan gen Z.

“Dari 120, ada 42 perempuan dan 41 milenial dan gen Z, ada beberapa yang influencer (pegiat media sosial) juga” kata Irwan.

Baca Juga: Daftarkan Bacaleg, Nasdem Jatim Siapkan Strategi Incar 14 Kursi

Menurut dia, caleg dari kalangan perempuan, millenial, dan influencer sangat menguntungkan bagi PKS. Sebabnya, mereka bisa menggaet pemilih pemula untuk memenangkan pemilu.

“Bagian dari strategi juga, karena sekarang dunia media sosial sangat pesat perkembangannya,” ucap Irwan.

Baca Juga: Daftarkan Bacaleg ke KPU, PDIP Jatim Targetkan Rebut 44 Kursi

Selain itu, PKS Jatim menganggap perempuan dan millenial memiliki pemikiran strategis untuk membangun bangsa. Pihaknya juga mengaku telah memberi ruang untuk kalangan millenial dan perempuan untuk bisa mengekspresikan potensinya. 

“Jadi kami sejak awal menggaet generasi milenial dan perempuan sebagai subyek politik, bukan obyek,” ucap Irwan.

Pada periode ini, PKS Jatim menargetkan 15 persen kemenangan dari masing-masing dapil. Jumlah tersebut setara 18 kursi DPRD Jatim.