Pemkab Barito Kuala

PKM ULM di Batola, Pemuda Karang Indah Antusias Dilatih Public Speaking

apahabar.com, MARABAHAN – Dinilai penting untuk pengembangan desa, sejumlah peserta begitu antusias mengikuti pelatihan public speaking…

PKM Universitas Lambung Mangkurat menyasar Desa Karang Indah di Kecamatan Mandastana, Selasa (28/7). Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Dinilai penting untuk pengembangan desa, sejumlah peserta begitu antusias mengikuti pelatihan public speaking berbasis aplikasi Orai di Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana, Barito Kuala, Selasa (28/7).

Pelatihan tersebut merupakan bagian program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Adapun peserta pelatihan terdiri dari anggota Karang Taruna Dharma Bakti, ditambah beberapa orang perangkat desa Karang Indah.

“Kami bangga Karang Indah terpilih sebagai desa binaan, serta bersyukur dapat terlibat dalam pelatihan ini,” papar Rohmat, salah seorang peserta.

“Tentu kami berharap semakin banyak masyarakat Karang Indah yang berkompeten dalam public speaking. Salah satunya tidak sulit lagi mencari warga yang mampu menjadi pembicara dalam kegiatan desa,” imbuhnya.

Pelatihan diawali dengan paparan berbahasa Inggris oleh Profesor Fatchul Mu'in. Selain Ketua PKM ULM, Fatchul juga Kepala UPT Bahasa ULM.

Sesi ini terbilang menarik, mengingat Karang Indah memiliki Kampung Inggris. Kegiatan Bahasa Inggris di kampung ini sudah dirintis sejak Oktober 2012.

Sementara materi kedua tentang public speaking dalam Bahasa Indonesia, diantarkan Rusma Noortyani yang juga dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP ULM.

Dalam sesi ini, secara gamblang dijelaskan bahwa public speaking adalah seni berbicara di depan umum tentang topik tertentu.

Juga dijelaskan public speaking yang baik dapat mempengaruhi, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, serta menghindari kesalahpahaman.

Setelah mendapatkan pemaparan singkat mengenai public speaking, peserta pelatihan dikenalkan dengan aplikasi Orai oleh Nuruddin Wiranda.

Orai sendiri adalah aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan public speaking dan presentasi berbahasa Inggris.

Aplikasi ini bekerja dengan cara memberikan umpan balik secara instan, sehingga pengguna dapat mengetahui secara langsung kelemahan dan kekuatan mereka.

Meskipun hanya berlangsung beberapa jam, pelatihan public speaking di Karang Indah masih berlangsung hingga 30 Juni 2022 dalam bentuk asynchronous melalui grup WhatsApp.