Politik

Pilkada Serentak 2020: Paslon Jangan Pancing Emosi Masyarakat Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Para pasangan calon kepala daerah, baik di kabupaten/kota maupun gubernur pada Pilkada Serentak…

Ilustrasi Pilkada serentak. Foto: Dok, Pikiranrakyat.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Para pasangan calon kepala daerah, baik di kabupaten/kota maupun gubernur pada Pilkada Serentak 2020 diminta untuk saling menjaga sikap, tindakan dan perbuatan.

Agar pesta demokrasi lima tahunan berjalan kondusif, aman dan damai.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Rakyat Peduli Bangsa dan Negara Kalsel, Din Jaya, Rabu (4/11).

“Kepada seluruh paslon yang mengikuti pilkada, kami mengimbau agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Saling menghormati dan menghargai. Agar Kalsel yang aman dan kondusif tetap terjaga,” katanya.

Menurut Din Jaya, beberapa waktu lalu, seluruh pasangan kandidat sudah mengucapkan ikrar bersama. Bersepakat tidak memunculkan perselisihan dan permusuhan dalam melaksanakan kampanye.

Ketua Forum Rakyat Peduli Bangsa dan Negara Kalsel, Din Jaya. Foto: Istimewa

“Sampaikanlah visi, misi dan program dengan santun dan bermartabat. Sehingga masyarakat mengetahui dan bisa menentukan pilihan yang baim dalam pilkada,” ucapnya.

Sebaliknya, paslon tidak menggunakan hal-hal menimbulkan rasa permusuhan dan kebencian.

“Seperti mengorek-ngorek borok calon lain, black campaign, dan mengadu domba. Dikhawatirkan masyarakat dan pendukung terpancing. Hindari ini,” tegasnya.

Ketua Ikatan Putra Putri Indonesia Kalsel ini juga berharap agar Pilkada di Banua tetap berjalan dengan aman dan nyaman, tertib dan damai.

“Sekali lagi, tahan diri jangan memicu reaksi masyarakat. Jaga etika berpolitik,” pungkasnya.(*)