Politik

Pilbup HST 2020, Berkas Diterima KPU Faqih Jarjani-Abu Yazid Bustami Optimis Menang Bermartabat

apahabar.com, BARABAI – Pasangan calon (Paslon) jalur independen di Pilbup Hulu Sungai Tengah (HST) 2020, Faya…

Bapaslon Paya saat proses verifikasi dokumen persyaratan pendaftaran di KPU HST, Sabtu (5/9). Foto-apahabar.com/Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Pasangan calon (Paslon) jalur independen di Pilbup Hulu Sungai Tengah (HST) 2020, Faya atau Faqih Jarjani-Abu Yazid Bustami bersyukur atas dukungan masyarakat usai berkasnya diterima KPU.

Pasalnya berkat mereka, Faqih Jarjani-Abu Yazid Bustami sejak pengumpulan syarat dukungan maju Pilbup HST 2020 harus mencapai 10 persen dari DPT, terpenuhi, hingga akhirnya bisa melakukan pendaftaran Bapaslon di KPU HST.

Dukumen persyaratan Faqih Jarjani-Abu Yazid di Pilkada HST 2020 ini pun telah dinyatakan lengkap oleh KPU HST. Walaupun sebelumnya sempat tertinggal satu berkas syarat calon.

“Kami merasakan ada hutang budi dengan masyarakat. Ini amanah dari masyarakat. Sekian puluh ribu (melalui salinan e-ktp) sudah mengamanahkan suara dukunganya. Semoga dukungan ini menjadi sebuah harapan kepercayaan pada tingkatan selanjutnya dan akan kami perjuangkan,” kata Yazid Bustami usai mendaftar di KPU HST bersama partai pendukung Faya, para kader PKS, Sabtu (5/9).

Atas dukungan itu, Faqih-Abu Yazid Bustami optimis bahwa peluangnya lebih besar dari pasangan lainnya. Melihat dukungan yang disebut Yazid langsung dari ‘akar rumputnya’ itu didasari animo masyarakat.

Mereka ikhlas dan sukarela memberikan dukungan. “Di sinilah kita melihat sehingga kita optimis, insyaallah,” tegas Abu Yazid yang pensiun per 1 September tadi dari jabatannya, Kepala Disdukcatpil HST.

Sedikit curhat Faqih, sebelumnya dia pernah mengajak partai lain untuk berkoalisi menuju Pilkada 2020. Bermodal 3 kursi, PKS hanya memerlukan 3 kursi lagi dari parpol agar bisa memenuhi syarat.

Namun ada beberapa hal yang membuat Faqih memilih jalur independen.

Secara pribadi, Faqih kokoh menginginkan untuk menjadi HST 1. Namun tidak bertemu dengan partai yang sepemahaman.

“Saya pribadi tidak ingin nomor 2. Bukan kami seolah tidak mau kolisi. Itu tadi karena tidak ketemu,” kata Faqih.

Di sisi lain, Faqih berkomitmen maju Pilkada 2020 tanpa politik uang.

“Artinya kita ingin menang rapi. Kemenangan yang bermartabat,” tutup Faqih.

Menariknya, walau maju secara jalur independen, pasangan Faya ini didukung penuh oleh PKS sendiri.

“PKS memang tidak ada berkoalisi mengusung paslon. Tapi PKS mendukung penuh Faya,” tegas Kader PKS yang saat ini menjadi anggota DPRD HST, Ustaz Supriadi.

Sementara itu, Ketua KPU HST, Johransyah mengatakan syarat untuk pencalonan dan calon sudah lengkap.

Berdasarkan mekanismenya, kata Johransyah, Faya diberikan tanda terima bahwa dokumen persyaratannya dinyatakan lengkap.

Begitu pula dengan 2 bapaslon jalur independen lainnya. Pasangan Aulia-Mansyah (AMAN) dan Tamzil-Ilham telah dinyatakan lengkap, baik dari persyaratan pencalonan maupun calon.

“Untuk keabsahannya nanti pada masa verifikasi sampai 12 September. Setelah itu, nanti akan kami umumkan apa-apa saja yang akan diperbaiiki nanti. Mulai 14-16 September masa perbaikannya,” tutup Johransyah.

Selesainya proses pendaftaran 3 bapaslon dari jalur independen ini, seauai agenda yang diterima KPU ada dua bapaslon jalur partai yang mendaftar di hari akhir, 6 September.

Pasangan Saban-Abdillah atau Habib Didil (Sabil) yang mengonfirmasi akan mendaftar pukul 10.00. Sementara petahana Berry Nahdian Forqan yang berpasangan dengan Pahrijani akan mendaftar pukul 21.00.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin