Kebakaran Jakarta

Pertamina Belum Kantongi Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

PT Pertamina (Persero) membenarkan Depo pipa bensin di Plumpang, Jakarta Utara terbakar pada Jumat malam (3/3). Namun pihaknya masih menelusuri penyebab

Depo Pertamina Plumpang yang terbakar terlihat dari kawasan pertokoan di Jakarta Utara, Jumat (3/3). (Foto: apahabar.com/Ryan Suryadi)

apahabar.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) membenarkan Depo pipa bensin di Plumpang, Jakarta Utara terbakar pada Jumat malam (3/3). Namun pihaknya masih menelusuri penyebab kebakaran yang membuat langit malam Utara Jakarta menyala. 

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan pihaknya saat ini fokus pada pemadaman kebakaran. Dia mengaku belum mengetahui sebab dari insiden tersebut.

"Belum diketahui (penyebabnya) kita fokus ke pemadaman dulu," kata Irto, Jumat (3/3).

Baca Juga: Korban Kebakaran di Jakut: Warga Sesak Napas dan Alami Luka Bakar

Kini proses pemadaman depo pipa bensin Pertamina di Plumpang, Jalan Tanah Merah Bawah RT 12/09, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara masih berlangsung. 

Suku Dinas Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Utara menerjunkan 45 unit mobil pemadan dan 225 personel yang berupaya menjinakkan api. 

Warga di sekitar lokasi kebakaran diimbau untuk menjauh dari titik api. Sedangkan, sejumlah warga kini dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis karena sesak napas usai menghirup bau gas yang menyengat.

Baca Juga: Bau Gas Menyengat Picu Kebakaran Pipa Bensin Pertamina di Jakut

Bahkan beberapa warga lainnya dilaporkan mengalami luka bakar akibat si jago merah menyambar pipa bensin di Jakarta Utara. 

Diketahui, sejumlah warga di Tanah Merah Bawah, Koja, Jakarta Utara dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis karena sesak napas akibat mencium bau gas yang menyengat di sekitar lokasi kebakaran, Jumat (3/3). 

Bahkan ada beberapa warga yang dievakuasi karena mengalami luka bakar di sebagian atau sekujur tubuhnya imbas pipa bensin Pertamina terbakar. 

Baca Juga: Si Jago Merah Lahap Pipa Bensin Pertamina di Jakarta Utara

Menurut salah satu warga yang berhasil menjauh dari lokasi kebakaran, Siswanto (45) terlihat puluhan warga yang dievakuasi ke sejumlah rumah sakit.

"Banyak yang dievakuasi, dibawa ke Rumah Sakit Umum Koja dan juga Rumah Sakit Mulya Sari," ujar Siswanto, saat ditemui apahabar.com di lokasi kebakaran. 

Jumlah korban terdampak kebakaran yang melanda pipa bensin Pertamina di Jakarta Utara masih dihimpun dan seiring dengan Sudin ulkarmat Jakarta Utara yang melakukan pemadaman sejak menerima informasi kebakaran pada pukul 20.20 WIB.