News

Pertahankan Kedaulatan di Taiwan, China Klaim Didukung 160 Negara

apahabar.com, JAKARTA – 160 negara disebut Perwakilan Khusus China untuk Semenanjung Korea, Liu Xiaoming, mendukung pihaknya…

Ilustrasi, China-Taiwan. Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – 160 negara disebut Perwakilan Khusus China untuk Semenanjung Korea, Liu Xiaoming, mendukung pihaknya untuk menegakkan kedaulatan di Taiwan.

Xiaoming berkata negaranya didukung sekitar 90 persen populasi dunia. Dia menyebut negara-negara itu percaya dengan tujuan utama Piagam PBB tentang norma hubungan internasional.

“Sejak kunjungan Pelosi ke Taiwan, lebih dari 160 negara telah mengungkapkan keadilan, mengutuk kunjungan itu sebagai provokasi yang serius, ceroboh, dan tidak bertanggung jawab serta menyatakan komitmen mereka terhadap prinsip satu-China dan mendukung upaya China mempertahankan integritas kedaulatan serta teritorial,” kata Xiaoming melalui akun Twitter @AmbLiuXiaoming, dilansir CNN Indonesia, Sabtu (6/8).

Xiaoming meyakini China berada di pihak yang benar. Dia menyebut 160 negara tersebut mendukung penuh China.

Dia berkata semua negara sepakat untuk mendukung kedaulatan negara masing-masing. Menurutnya, tak ada negara yang mendukung intervensi terhadap urusan negara lain.

“Kita secara tegas menentang upaya-upaya mengganggu urusan dalam negeri negara lain dan merusak kedaulatan serta integritas teritorial negara lain,” ucapnya.

Sebelumnya, China murka dengan kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan. Mereka menilai kunjungan itu sebagai upaya mengacak-acak kedaulatan China.

China pun membalas kunjungan itu dengan memutus berbagai hubungan kerja sama dengan Amerika Serikat. Mereka juga menggelar latihan tempur di perbatasan Taiwan.

Taiwan kemudian menyebut tak ada hubungan atasan-bawahan dengan China, dan meminta Negeri Tirai Bambu tak mengganggu persahabatan mereka dengan AS.