Konsep Pembukaan MTQ Nasional 2022

Perdana! Pembukaan MTQ Nasional di Kalsel Berkonsep Digital, LED Raksasa Disiapkan

Ada yang berbeda dari pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 di Kalsel, 10 Oktober 2022 nanti.

Panggung pembukaan MTQ Nasional di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalsel, Jumat (7/10). Foto-apahabar.com/Hasanudin

apahabar.com, BANJARBARU - Ada yang berbeda dari pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 di Kalsel, 10 Oktober 2022 nanti.

Kali ini pembukaan MTQ Nasional Kalsel di Kiram Park, Kabupaten Banjar berkonsep digital. Bahkan, panitia MTQ Nasional di Kalsel telah menyiapkan LED berukuran raksasa agar lebih semarak.

Hal ini terungkap saat rombongan PWI Kalsel bersilaturrahmi dengan Pemprov Kalsel serta panitia pelaksana MTQ Nasional 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Jumat (7/10).

"Biasanya kalau MTQ-MTQ itu hanya backdrop biasa berupa print out, sekarang kami pakai digital LED screen dengan luas 38x10 meter. Jadi ini adalah pembukaan MTQ pertama dengan konsep digital," kata Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Dengan LED raksasa itu, kata dia, semuanya lebih dinamis. "Digital, futuristik, artinya dinamis semuanya. Itu saja sih yang kita ingin cari perbedaan. Karena di sini harus beda," ungkap dia.

Melalui LED raksasa itu pula lanjut dia, simbol-simbol Islami bisa ditampilkan. "Termasuk ornamen-ornamen khas Banjar itu semuanya ada di sini," lanjut dia.

Sejauh ini persiapan panggung untuk pembukaan MTQ Nasional Kalsel sudah 80 persen. Panitia meyakini semuanya sudah rampung, Senin (9/10). 

Pembukaan MTQ Nasional yang dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertempat di Objek Wisata Alam Kiram Park di Kabupaten Banjar.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat bertemu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan, Kalsel telah menyiapkan tempat pembukaan VIP untuk 3.400 tamu dan kafilah se-Indonesia.

Untuk tamu-tamu VIP itu di lokasi acara, posisi kursi tempat duduk nanti akan ada keterangan nama untuk memudahkan.

Bahkan, agar acara berjalan dengan lancar, pihaknya juga telah menyiapkan panggung lomba dan di sekitarnya akan ada stan-stan untuk UMKM produk lokal.

Sementara untuk memudahkan masyarakat menonton pihaknya juga telah menyiapkan beberapa titik videotron di sekitar 300-400 meter dari panggung utama yang bisa menyaksikan aneka lomba MTQ.

Selain itu, kegiatan MTQ ini juga disiarkan langsung streaming melalui YouTube.

“Insya Allah dengan berbagai kesiapan kami ini, Kalsel siap menyambut tamu-tamu dari penjuru Nusantara bahkan luar negeri. Kami siap menyambut tamu dengan sebaik-sebaiknya. Sebagai ajaran Rasulullah, kita diwajibkan untuk memuliakan tamu,” kata Paman Birin.

MTQ Nasional di Kalsel merupakan kedua kalinya, setelah 50 tahun silam. Tahun ini digelar 10-19 Oktober nanti.

Venue utama di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Selanjutnya di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.