Perdana di Kalsel, Pengurus KPPI Kotabaru Dilantik

Jelang Pemilu 2024, Ketua beserta anggota Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kotabaru periode 2023-2027 resmi dilantik.

Oleh Masduki
Pertama di Kalsel, pengurus KPPI Kotabaru resmi dilantik. Foto-apahabar.com/Masduki

apahabar.com, KOTABARU - Jelang Pemilu 2024, Ketua beserta anggota Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kotabaru periode 2023-2027 resmi dilantik.

Prosesi pelantikan pengurus organisasi perempuan politik kali ini berlangsung di Gedung Ratu Intan, dan dihadiri Sekda, Ketua Bawaslu, serta para undangan lainnya.

Ketua DPD KPPI Kalsel Hj Dewi Damayanti mengatakan pelantikan DPC KPPI di Kotabaru merupakan yang pertama kalinya setelah DPD KPPI Kalsel dibentuk.

"Kami apresiasi dan ucapkan selamat sebab pelantikan ini yang pertama di Kalsel, dan kami akan terus berbenah setelah terkendala pandemi Covid-19," ujar Dewi, dijumpai wartawan usai acara Pelantikan DPC KPPI Kotabaru

Dewi menuturkan keberadaan KPPI Kotabaru tentu diharapkan dapat mendorong terpenuhinya target 30 persen keterwakilan perempuan dalam parlemen atau dewan.

Selain itu, para pengurus dapat bersinergi dengan pemerintah mewujudkan demokrasi yang sehat, berkualitas dan berkeadilan.

"Mengambil peran dan solusi regulasi sistem dan partisipasi bidang politik hingga menyiapkan kandidat kandidat handal untuk maju dalam Pemilu nanti," pungkasnya.

Sementara Ketua DPC KPPI Kotabaru terpilih mengaku akan segera melaksanakan sejumlah kegiatan agar program KPPI di Kotabaru dapat berjalan dengan baik.

"Setalah kami dilantik, dalam waktu dekat program pun akan kami jalankan, diantaranya adalah yang berkenaan dengan peningkatan kualitas atau sumber daya manusianya," ujar Alamatu Radiah, Jumat (25/8/2023).

"Jadi, nanti mereka ada yang berhasil duduk di dewan dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai wakil rakyat," 

Sekda Kotabaru Said Akhmad, mengungkapkan KPPI sebagai wadah aktivitas dan kreatifitas perempuan lintas partai politik tentu memiliki peran meningkatkan partisipasi perempuan dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan.

Seiring makin meningkatnya pemberdayaan dan partisipasi politik perempuan di Bumi Sa Ijaan, sehingga KPPI harus mampir mengoptimalkan peran perempuan sebagai pimpinan karena juga memiliki potensi yang tak kalah dengan pria.

"Pada prinsipnya, saya berharap KPPI Kotabaru mampu berkontribusi dan berperan aktif dalam pemenuhan kemajuan dan perlindungan hak-hak politik perempuan, serta SDM kader perempuan," pungkasnya.