Pendidikan Di Indonesia

Perbaikan Mutu Pendidikan, Anies: Prioritas yang Harus Diselesaikan

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menginginkan agar kualitas pendidikan di Indonesia menjadi prioritas utama.

Anies Baswedan di Magelang (Apahabar.com/Arimbihp)

Apahabar.com, MAGELANG - Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menginginkan agar kualitas pendidikan di Indonesia menjadi prioritas yang harus diselesaikan.

Pendidkan, kata Anies, memiliki peranan penting dalam menentukan arah perjalanan bangsa ini di masa depan. Pendidikan juga penting untuk menjadikan bangsa ini sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

"Para orang tua ingin karakter dan aklak diutamakan," kata Anies di Magelang, Sabtu (11/8).

Lebih lanjut, Anies menuturkan, pihaknya memiliki program pendidikan yakni setiap anak yang lahir harus punya tempat di sekolah. Hal itu merupakan hak dasar yang harus dimiliki oleh setiap anak yang lahir di Indonesia.

Baca Juga: Momen Penting, PKS Harap Anies Baswedan Umumkan Bakal Cawapres di Agustus

"Jadi bangku sekolahnya harus cukup. Semua anak harus menempuh pendidikan sampai tuntas," ujarnya.

Sebab ia menilai, saat ini, sekolah SD sangat banyak dan cukup jumlahnya. Kondisi tersebut berbeda untuk sekolah jenjang SMP dan SMA yang jumlah terbatas, utamanya di daerah-daerah. Untuk itu, pembangunan SMP dan SMA harus menjadi prioritas pemerintah.

"Jadi, kalau digrafik bentuknya seperti piramid. Banyak anak yang tidak bisa sampai lulus SMA," tuturnya.

Sementara itu, relawan Anies asal Brebes, Nuryati (35) berharap, program tersebut bukan sekedar janji. Nuryati mengaku, pendidikan di daerahnya sangat memprihatinkan dan membutuhkan perhatian khusus pemerintah. Penyebabnya, banyaknya siswa yang setelah lulus SMP langsung menikah.

Baca Juga: Lapangan Pekerjaan dan Rumah Huni, Anies: Masalah Terbesar Milenial

"Banyak anak-anak yang lulus SMP langsung menikah, atau langsung kerja, sangat disayangkan," ujarnya.

Jika pendidikan di daerah menjadi lebih maju, Nuryati berharap, kualitas hidup masyarakatnya bisa lebih baik. Kualitas hidup yang lebih baik merupakan dambaan setiap warga negara.

"Karena pendidikan adalah tangga tercepat untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat," pungkasnya.