Perbaikan Jembatan Maluka Dimulai, Akses Pelaihari-Banjarmasin Dialihkan

Penutupan ruas jalan nasional di Desa Pandahan, Kecamatan Bati-Bati, Tanah Laut, akhirnya mulai dilakukan, Rabu (5/7) pukul 10.30 Wita.

Sejumlah alat berat mulai dikerahkan untuk pekerjaan Jembatan Sungai Maluka. Pekerjaan ini membuat akses Pelaihari-Banjarmasin dialihkan.

apahabar.com, PELAIHARI - Penutupan ruas jalan nasional di Desa Pandahan, Kecamatan Bati-Bati, Tanah Laut, akhirnya mulai dilakukan, Rabu (5/7) pukul 10.30 Wita.

Penyebabnya proses perbaikan Jembatan Sungai Maluka atau biasa disebut Jembatan Penjagungan, akan segera dilakukan. Bahkan alat berat sudah berada di sekitar lokasi untuk lebih dulu melakukan pembongkaran.

Pengamanan lokasi pekerjaan di jembatan pun mulai intensi dilakukan. Di sisi lain, sejumlah personel Satlantas Polres Tanah Laut juga sibuk melakukan pengaturan arus kendaraan.

Adapun penutupan jalan dilakukan mulai Kantor Polsek Bati-Bati. Kemudian di Simpang Tiga Bentok Darat, Kecamatan Bati-Bati, semua pengguna jalan yang mengarah ke Banjarmasin diinstruksikan melewati Cempaka, Palam dan keluar di Jalan Trikora.

Baca Juga: Jembatan Sungai Maluka di Tala Perbaiki, Pengguna Jalan Dialihkan Sementara

"Begitu pula sebaliknya dari Banjarmasin ke Pelaihari, semua kendaraan diarahkan melalui Trikora Banjarbaru," papar Kasatlantas Polres Tanah Laut AKP Supriatno.

"Sedianya penutupan dilakukan 4 Juli 2023. Namun Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan sendiri yang melakukan penundaan," imbuhnya.

Untuk mempermudah pengendara, papan petunjuk sudah dipasang di Simpang 3 Bentok Bati-Bati, serta di Simpang Tiga Jalan Trikora atau dekat SPBU.

"Kami mengimbau semua pengendara agar mematuhi imbauan tersebut dan melewati jalan alternatif yang sudah ditentukan," pesan Supriatno.

Adapun penutupan berlangsung hingga 24 Juli 2023. Penyebabnya perbaikan Jembatan Sungai Maluka dilakukan menyeluruh, setelah cukup lama terendam banjir di awal Januari 2021 lalu.