Kalsel

Penyebab Tugboat CPO Kelapa Sawit Terbalik di Tanjung Dewa Tala

apahabar.com, PELAIHARI – Satpol Air Polres Tanah Laut mengungkap penyebab Kapal Tugboat Ocean yang terbalik di…

Evakuasi awak kapal Tugboat Ocean yang tenggelam di perairan Tanjung Desa Kuala Tambangan Kecamatan Panyipatan, Jumat (8/1/2021). Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Satpol Air Polres Tanah Laut mengungkap penyebab Kapal Tugboat Ocean yang terbalik di perairan Tanjung Dewa, Desa Kuala Tambangan, Kecamatan Panyimpatan, Jumat (8/1/2021) dini hari.

Tugboat Ocean yang menarik tongkang Lili 289 bermuatan CPO kelapa sawit itu terbaik akibat hantaman ombak besar di perairan Tanjung Dewa tersebut.

“Tugboat bermuatan CPO 4000 ton coconut palm oil terbalik karena cuaca ekstrem, kena ombak sekitar 2 meter dan angin kencang,” ujar Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi melalui Kasatpol Air IPTU Supriyanto, kepada apahabar.com, Jum’at (8/1) siang.

Dia menambahkan, Tugboat Ocean itu terbalik saat keadaan lego jangkar karena rusak mesin dan menunggu bantuan dari perusahaan.

11 ABK dinyatakan selamat, setelah sempat terombang ambing di perairan laut setempat.

Sementara dua orang yang sempat dinyatakan hilang telah ditemukan dalam keadaan selamat di Pulau Datu Tanjung Dewa, tidak jauh dari lokasi kapal terbalik.

Peristiwa ini langsung direspon cepat Tim Polair, Polsek, Basarnas dan BPBD Tala saat mendapat informasi tenggelamnya kapal tugboat.

Mereka melakukan evakuasi terhadap 11 awak kapal di perairan laut Tanjung Dewa bersama masyarakat setempat.

“Kami dapat informasi bahwa ada tugboat terbalik di perairan tanjung dewa Desa Kuala Tambangan Kecamatan Panyipatan, Jum’at (8/1) pukul 04.00 subuh,” kata Suprianto.

Awak kapal Tugboat Ocean itu kini dievakuasi ke Desa Kuala Tambangan dalam keadaan selamat.

Tugboat CPO Kelapa Sawit Terbalik di Perairan Tanjung Dewa, 11 ABK Selamat