Kalsel

Pengunjung THM di Banjarmasin Dites Antigen, Simak Hasilnya

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 5 orang pengunjung tempat hiburan malam (THM) di Kota Banjarmasin terkonfirmasi positif…

Petugas medis melakukan rapid test antigen di tempat kepada salah satu pengunjung THM di Kota Banjarmasin, Sabtu (20/3) malam. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 5 orang pengunjung tempat hiburan malam (THM) di Kota Banjarmasin terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini ditemukan setelah petugas gabungan dari Polresta Banjarmasin, Kodim 1007/Banjarmasin dan Pemkot Banjarmasin menggelar operasi yustisi protokol kesehatan (prokes) pada Sabtu (20/3) malam.

Operasi kali ini dilaksanakan rapid test antigen di tempat. Dilaporkan sebanyak 137 sample rapid test antigen di 5 kecamatan.

Rinciannya Banjarmasin Selatan 25 sampel 1 orang positif. Banjarmasin Utara 25 sampel 4 positif. Banjarmasin Timur 22 sample semua negatif, Banjarmasin Tengah 38 sampel semua negatif. Lalu Banjarmasin Barat 25 sampel semua negatif.

"Total sampel sementara sampel 137. Yang positif 5 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi.

Machli mengatakan untuk menindaklanjuti akan dilakukan edukasi dan karantina mandiri kepada orang terkonfirmasi positif Corona.

"Dengan pengawasan oleh Satgas kelurahan, ketua RT, babinsa dan bhabinkamtibmas serta puskesmas sesuai wilayah kerja," ucapnya.

Hal ini sejalan dengan Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan.

"Jika positif akan dilakukan isolasi mandiri," pungkasnya.

Menurutnya apabila pengunjung THM ini kedapatan positif Corona dan berstatus orang tanpa gejala (OTG). Maka akan berbahaya bagi masyarakat luas, dan keluarganya.

"Itu akan menyebabkan gerakan virus positif," ujarnya.

Sasaran petugas ialah menyatroni THM di Banjarmasin.

Rinciannya di Armani Executive Club dan Pyramid, Nasa Hotel, Hotel Banjarmasin Indonesia (HBI) dan lainnya. Tempat usaha ini tersebar di lima kecamatan.