Pemkab Tabalong

Pengoperasian Pompa Air Jaringan Warukin Tabalong, Tunggu Pemasangan Panel Listrik

apahabar.com, TANJUNG – Pemkab Tabalong, melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) telah memasang pompa kapasitas…

Kabag Teknis PDAM Tabalong, Slamet Budi Santosa mencek teknisi melakukan perakitan panel kelistrikan. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin.

apahabar.com, TANJUNG – Pemkab Tabalong, melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) telah memasang pompa kapasitas 100 liter perdetik beserta satu paket pipa jaringan ke Desa Warukin, Kecamatan Tanta.

Selanjutnya, pengelolaannya akan diserahkan kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tabalong.

Karena pompa dengan kapasitas 100 liter perdetik itu belum dilengkapi panel kelistrikan, maka PDAM melakukan pembelian meski biayanya relatif besar supaya pompa tersebut bisa dioperasikan dan bisa melayani masyarakat Warukin.

Hal itu dikatakan Direktur PDAM Tabalong, Abdul Basid melalui Kabid Teknik Slamet Budi Santosa, belum lama tadi.

“Saat ini kami sedang melakukan perakitan panel kelistrikannya di kantor. Bila selesai segera dipasang di lokasi,” ujar Slamet, Sabtu (30/1).

Meski nanti sudah dipasang, PDAM Tabalong masih menunggu penambahan pasokan listrik dari PLN. Di mana, untuk mengatur kecepatan pompa 160 KW diperlukan pasokan listrik yang cukup.

“Kami sudah mengajukan penambahan daya trafo di sana, PLN menyetujuinya dan akan menambah daya yang tadinya trafo hanya 147 akan ditambah menjadi 197 KVA,” jelas Slamet.

“Informasinya Sabtu depan mereka sudah melakukan pemasangan trafo untuk menambah daya yang kami butuhkan,” sambungnya.

Ditambahkan Slamet, jika panel kelistrikan dan penambahan trafo daya listrik dari PLN sudah terpasang segera akan dilakukan pengoperasian pompa dan pengaktifan jaringan perpipaan ke Warukin.

“Tentu sebelumnya kami minta izin dulu ke Dinas PUPR Tabalong sambil menunggu proses hibahnya,” pungkas Slamet.