Pemkot Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin Bantu Korban Kebakaran di Kelurahan Gadang

Pemkot Banjarmasin memberikan 40 paket bantuan tanggap darurat kepada 160 jiwa korban kebakaran di Kelurahan Gadang, Kamis (4/5).

Pemkot Banjarmasin memberikan 40 paket bantuan tanggap darurat kepada 160 jiwa korban kebakaran di Kelurahan Gadang. Foto: Humas Pemkot Banjarmasin.

apahabar.com, BANJARMASIN - Pemkot Banjarmasin memberikan 40 paket bantuan tanggap darurat kepada 160 jiwa korban kebakaran di Kelurahan Gadang, Kamis (4/5).

Bantuan diserahkan  Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang didampingi Kepala Dinas Sosial, Dolly Syahbana, Kepala Dinas Pendidikan, Nuriyadi, dan Ketua Baznas Kota Banjarmasin, Riduan Masykur saat berkunjung ke lokasi kebakaran.

Satu persatu bantuan berupa paket tanggap darurat dan uang tunai total Rp. 3.500.000,per-kepala keluarga diserahkan langsung kepada korban kebakaran.

Ada paket bantuan tanggap darurat dari Dinsos, Rp 3 Juta dari Kesra, dan Rp 500 ribu dari Baznas semuanya kita bagi untuk 40 Kepala Keluarga”jelas Ibnu Sina Kepada wartawan usai melihat sisa-sisa puing bangunan yang terbakar di dua gang yakni Gang Samudin dan Gang Suhada.

Ibnu juga menghimbau bagi warga di Kelurahan Kampung Gadang untuk selalu waspada, mengingat selain berada didaerah padat penduduk, kondisi rumah yang mayoritas terbuat dari kayu dengan kabel semerawut berpotensi mengakibatkan kebakaran.

“Daerah ini memang harus kita tata ulang, karena rumahnya terlalu berdempetan dan banyak bangunan yang sudah tua”ujarnya.

Ia juga mengatakan selain memberikan bantuan tanggap darurat, Pemerintah Kota Banjarmasin juga membangun dapur umum.

“Kita bangunkan dapur umum, selama 7 hari atas permintaan ibu camat dan lurah, melihat kondisi warganya” tutupnya.

Sebelumnya, kebakaran di kawasan Gang Samsudin Rt 2, Kampung Gadang, Banjarmasin Tengah, Rabu (3/5/2023), terjadi akibat kompor gas meledak menyebabkan sejumlah bedakan ludes terbakar.