Kalsel

Pemko Banjarmasin Hibahkan Dana Pilkada Rp 48 Miliar

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin mulai menatap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Sebagai bentuk…

Pilkada. Foto-Liputan6.com

apahabar.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin mulai menatap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Sebagai bentuk kepedulian, Pemko Banjarmasin akan menghibahkan anggaran Rp 48 miliar.Dana sebesar itu diperuntukan bagi 4 Satuan Kerja (Satker), yakni KPU, Bawaslu, Kepolisian, dan Kodim.

"Dana yang telah disetujui untuk kegiatan Pilkada 2020 Rp48 miliar. Rp32 miliar untuk KPU, sisanya untuk Satker," ujar Sekretaris KPU Kota Banjarmasin, Husni Tambrin, saat menghadiri Rapat Koordinasi Dana Hibah Pilkada bersama Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, di Ruang Rapat Wakil Wali Kota Banjarmasin, Senin (15/07).

Dijelaskan mantan Kabag Humas Setda Kota Banjarmasin ini lagi, hibah dana berasal dari APBD Kota Banjarmasin yang dikumpulkan setiap tahun anggaran itu, akan dilaksanakan setelah terbit peraturan KPU tentang tahapan Pilkada.

"Mungkin nanti 1 Oktober 2019 akan dilaksanakan penandatangan hibah dana tersebut," katanya.

Terkait persiapan pelaksanaan Pilkada nanti, Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Hermansyah ingin semuanya dapat berjalan dengan baik, sehingga saat pelaksanaannya mulai dari tahapan hingga Pilkada nanti, semuanya lancar.

Kesuksesan kegiatan Pilkada itu, jelas Hermasnyah, tidak hanya ketika berhasil melahirkan pimpinan, tetapi juga menyangkut kesuksesan semua tahapan pelaksanaan kegiatan itu sendiri.

Makanya, ia tidak ingin, dalam pelaksanaan Pilkada nanti, ada hal-hal kecil tapi dapat menghambat kegiatan besar.

"Kita berdoa bahwa dan kita menginginkan Pilkada nanti berjalan sukses sesuai jadwal. Jangan sampai berkaitan dengan anggaran maka terhambat proses Pilkada, jadi harus berjalan dengan sukses, harus berjalan sesuai dengan jadwal," ucapnya.

Apalagi, lanjutnya, Kota Banjarmasin merupakan Ibukota Provinsi Kalsel yang menjadi barometer kesuksesan Pilkada bagi daerah lain, yang ada di Bumi Lambung Mangkurat.

“Tahun ini ada delapan kegiatan Pilkada di Provinsi Kalsel, baik itu Pilkada Gubernur maupun Pilkada kepala daerah di kabupaten kota lain. Oleh sebab itu saya berharap Banjarmasin bisa sebagai contoh untuk daerah-daerah lain. Komitmen kita sukses," katanya.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini berharap, dalam kegiatan rapat yang dilaksanakan Kesbangpolimas Kota Banjarmasin dan dihadiri kepolisian, TNI, Bawaslu, KPU Kota Banjarmasin serta Bakeuda Kota Banjarmasin itu, bisa menghasilkan keputusan bersama yang bermanfaat dengan kegiatan Pilkada nanti.

Baca Juga:Parpol Mulai Lakukan Penjaringan Calon Pilkada Balangan

Baca Juga:Mantan Bupati Tanbu Pertimbangkan Maju di Pilkada Kotabaru 2020

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif