Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Optimistis Tingkatkan Kesejahteraan Rumah Tangga Miskin

apahabar.com, BATULICIN – Rumah Tangga Miskin (RTM) menjadi target utama program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja)…

Ilustrasi ternak itik. Foto-Faktualnews.co

apahabar.com, BATULICIN - Rumah Tangga Miskin (RTM) menjadi target utama program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang digagas Kementerian Pertanian RI.

Di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), program “Bekerja” juga diupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan RTM. Bentuk programnya yakni dengan memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang masuk kategori RTM.

Baca Juga:Sejumlah Wilayah Tanah Bumbu Waspada Bencana

“Alhamdulillah. Tanah Bumbu mendapatkan alokasi ternak itik sebanyak 99.208 ekor melalui program ini," ungkap Kepala Dinas Pertanian, H Setia Budi, dalam rapat koordinasi Program “Bekerja” di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tanbu, Kamis (28/3).

Program “Bekerja” merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo agar program kementerian fokus pada upaya peningkatan pendapatan dan daya beli mayoritas rumah tangga miskin yang bekerja di sektor pertanian maupun informal di perdesaan.

Program pengentasan kemiskinan ini bersinergi dengan Kemensos, BUMN, Kemendes, BKKBN dan pemerintah daerah.

Pada 2018 lalu, Kementerian Pertanian menyasar 10 provinsi, 776 desa dan 200 ribu RTM. Program ini diyakini dapat menjangkau 1000 desa di 100 kabupaten se Indonesia.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Suhartoyo, menilai program ini akan menanggulangi kemiskinan secara sistematis.

Namun, ia juga berharap penanganannya lebih sistematis, terencana dan saling bersinergi yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Tanbu, keluarga yang layak mendapatkan bantuan itu adalah rumah tangga miskin yang terdaftar pada data terpadu penanganan program fakir miskin. Data itu ditetapkan Kementerian dalam penyelenggaraan urusan sosial.

rapat koordinasi Program “Bekerja” di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tanbu, Kamis (28/3/2019). Foto-MC Tanbu

Baca Juga: Tetap Waspada, Dua Bencana Ini Mengintai Tanah Bumbu

Reporter: Puja MandelaEditor: Fariz F