Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Peringati Hari Lahir Pancasila

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor…

Bupati Tanbu, H.Sudian Noor saat membacakan sambutan pada Upacara Hari Lahir Pancasila. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati, Gunung Tinggi, Batulicin, Sabtu (1/6/2019).

Upacara peringatan itu diikuti Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor, Wakil Bupati, H. Ready Kambo, Sekda, H. Rooswandi Salem, Anggota DPRD Tanbu, Pejabat Pemkab Tanbu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dan ASN Pemkab Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, mengatakan Pancasila sebagai dasar negara sudah seharusnya disyukuri oleh rakyat Indonesia. Sebab, Pancasila mampu menyatukan rakyat Indonesia di tengah banyaknya perbedaan.

Menurut Sudian, peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen sejarah saat para pendiri bangsa menemukan formula yang tepat untuk menyatukan rakyat Indonesia.

"Dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik," ucapnya saat menyampaikan amanat Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Hariyono.

Disamping itu, Sudian juga menyampaikan, melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan," ujarnya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menindaklanjuti instruksi Kementerian Dalam Negeri agar para pegawai pusat maupun daerah wajib mengikuti upacara tersebut meski hari libur.

Instruksi itu kemudian diteruskan dengan Surat Edaran dengan nomor : B/420.2/790/KSB-BIW/V/2019 yang ditujukan untuk Staf Ahli Bupati, Asisten, dan seluruh SKPD dan unit kerja lingkup Pemkab Tanah Bumbu dengan pesan wajib mengikuti upacara bendera dalam rangka Hari Lahir Pancasila.

Baca Juga: Untuk Kuatkan Nilai Pancasila, PMP akan Diajarkan Lagi

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif