Pemkab HST Buka Ratusan Formasi Pelamar CPNS 2024

Alokasi kebutuhan jabatan CPNS di Lingkup Pemkab HST ada dua formasi, yaitu formasi umum dan formasi khusus penyandang disabilitas.

CALON Aparatur Sipil Negara. Foto: Radar Semarang/Ilustrasi

bakabar.com, BARABAI - Ratusan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 telah dibuka Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Informasi tersebut disampaikan Analis SDM Aparatur Ahli Muda, BKPSDMD HST, Hesnita Daniar, Kamis (12/9).

Ia mengatakan ratusan formasi yang dibuka itu berdasarkan pengumuman yang disampaikan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten HST.

“Saat ini tahapannya sudah mulai berjalan. Pengumuman dan pendaftaran penerimaan CPNS 2024 di HST sudah resmi dibuka sejak 19 Agustus hingga 6 September 2024 kemarin. Kemudian diperpanjang lagi hingga 10 September 2024,” jelasnya.

Alokasi kebutuhan jabatan CPNS di Lingkup Pemkab HST, kata dia, ada dua formasi, yaitu formasi umum dan formasi khusus penyandang disabilitas.

Total kedua formasi tersebut yakni 150 formasi. Dengan rincian formasi umum terdiri dari tenaga teknis dengan total kebutuhan 147 formasi. Sedangkan tenaga teknis untuk formasi khusus penyandang disabilitas sebanyak 3 formasi.

“Untuk proses seleksi, pelamar nantinya akan mengikuti rangkaian seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), serta seleksi kompetensi bidang (SKB),” jelasnya.

Kemudian terkait pertanyaan, apakah PPPK bisa ikut melamar CPNS, pihaknya mengatakan yang bersangkutan wajib memenuhi masa  perjanjian kerja minimal satu tahun. Juga telah mendapat persetujuan dari PPK atau Pejabat yang bersangkutan.

Hal tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, yakni harus sesuai dengan Permen PAN dan RB No 6 Tahun 2024 tentang Pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara.

“Jika calon pelamar bingung atau ada yang ingin ditanyakan terkait proses CPNS di HST, dapat menghubungi pelayanan helpdesk website resmi BKPSDMD HST atau datang ke loket pelayanan pada hari dan jam kerja,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia menyebutkan terkait informasi rincian, deskripsi jabatan, rentang gaji, jumlah alokasi formasi dan kualifikasi pendidikan dapat dilihat di lampiran pengumuman. Dimuat pada laman https://bkd.hstkab.go.id/home/pengumuman_lengkap/159.

Informasi pengadaan CPNS 2024 ini akan di update secara berkala melalui website tersebut. “Kami harap calon pelamar membaca dengan teliti dan selalu pantau informasinya," pungkasnya.