Tak Berkategori

Pemberlakuan Tarif Bagasi, Ongkos Umrah Kalsel Tetap Murah

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemberlakuan tarif pada bagasi maskapai Lion Air Group belum banyak memengaruhi ongkos umrah…

Bandara Internasional Syamsudin Noor. Foto-RRI

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemberlakuan tarif pada bagasi maskapai Lion Air Group belum banyak memengaruhi ongkos umrah di Kalimantan Selatan.

Sebelumnya bagasi Lion Air dan Wing Air milik maskapai di perusahaan berlogo singa tersebut tak lagi gratis terhitung mulai 22 Januari kemarin.

Di Banjarmasin, beberapa jasa penyedia Travel Haji dan Umrah mengaku tidak menaikkan harga menyusul penerapan biaya bagasi tersebut. Di Travellindo Group misalnya, paket umrah termurah masih berkisar Rp23 juta per orang.

“Sampai sekarang kita belum menaikkan biaya tambahan terkait biaya tambahan yang ditetapkan maskapai Lion Air. Karena rata-rata travel kami mengunakan maskapai Garuda,” kata Edd Manager Travellindo Group,Rabu (23/1).

Umumnya, dia mengatakan, penyedia jasa umrah di Banjarmasin menggunakan jasa maskapai milik Garuda. Via Bandara Syamsudin Noor, rute yang diambil melewati Surabaya ataupun Jakarta sebelum menuju Arab Saudi.

Adapun rata-rata maksimal bagasi tiap-tiap penumpang maksimal mencapai 30 Kg. Edd khawatir, penaikan paket umrah akan menyurutkan minat sekaligus memberatkan jemaah untuk berpergian.

“Pihak travel pun tidak ingin dirugikan,” sambungnya.

Sepanjang Januari ini Edd mengakui memang ada beberapa hari keterlambatan keberangkatan jemaah umrah, namun tidak berpengaruh pada biaya.

“Diperkiraan harga paket akan berubah pada Februari, tapi itu tipis kemungkinan karena kabarnya harga tiket mulai murah,” ujarnya.

Baca Juga:Bandara Syamsudin Noor Dilirik Maskapai Internasional

Baca Juga:Bandara Syamsudin Noor Siapkan Penerbangan Langsung Luar Negeri

Baca Juga:Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Paket II Siapkan Banyak Apron

Baca Juga:November, Bandara Syamsudin Noor Jadi Bandara Internasional

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Fariz Fadhillah