Kalsel

Pembekalan Mahasiswa Baru Uniska Banjarmasin Digelar Daring

apahabar.com, BANJARMASIN – Ribuan mahasiswa telah diterima Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al-Banjari (MAB) Banjarmasin….

Uniska Muhammad Arsyad Al-Banjari melakukan pembekalan mahasiswa baru secara Daring. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ribuan mahasiswa telah diterima Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al-Banjari (MAB) Banjarmasin. Kampus swasta terbesar di Kalimantan Selatan (Kalsel) ini pun menggelar Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK-MABA) periode 2020/2021.

Kegiatan pembekalan dilakukan Dalam Jaringan (Daring) dari Kamis-Sabtu (24-26/9). Hal ini untuk meminilisir tatap muka dimasa pandemi Covid-19.

"PKK-MABA ini kami laksanakan dengan mengutamakan protokol kesehatan ketat, makanya kita melaksanakan sistem online dan offline," ujar Rektor Uniska Banjarmasin, Abdul Malik.

Ia mengatakan, khusus sistem offline hanya diikuti masing masing perwakilan dari mahasiswa program studi Fakultas di Uniska. Namun penerimaan mahasiswa baru tahun ini tampak tak berbeda ketimbang sebelumnya.

Berdasarkan catatan Uniska, mahasiswa yang mendaftarkan diri sekitar 5600. Namun yang ikut serta PKK-MABA sekitar 4000 mahasiswa.

"Mahasiswa baru wajib mengikuti karena ini sangat penting. Dan dalam rangka mahasiswa beradaptasi dan menyelesaikan kuliah tepat waktu," harapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Uniska Banjarmasin, Gt Irhamni mengungkapkan perlaksanaan PKK-MABA tahun ini sangat berbeda dibandingkan sebelumnya yang meriah. Namun Uniska wajib beradaptasi dan mematuhi protokol kesehatan di tengah wabah Virus Corona.

"Tapi mudahan mahasiswa baru termotivasi dan tetap memilih kuliah di Uniska," tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana PKK-MABA Uniska Banjarmasin Hasrinawati mengatakan, terkait efektifitas dalam pelaksanaan PKK-Maba ini. Ia mengakui, sangat kurang efektif.

“Akan tetapi budaya dan marwah dari PKK-Maba harus tetap terlaksana, bahwa mahasiswa yang ingin melaksanakan PKK-Maba mereka bisa mengikutinya,” pungkasnya.

Adapun Mahasiswa Baru berasal dari Program PascaSarjana Magister Ilmu Komunikasi 22 orang, Magister Manajemen 66 orang, Magister Administrasi Publik 8 orang, Magister Peternakan 6 orang, Magister PendidikanTinggi 81 orang.

Kemudian Fakultas Ekonomi 866 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 332 orang, FakultasHukum (FH) 537 orang, Program Studi Ilmu Komunikasi 241 orang, Program Studi Ilmu Administrasi Publik 327 orang.

Fakultas Pertanian (PAPERTA) Program Studi Peternakan 35 orang dan Program Studi Agribisnis 100 orang dan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Program Studi Teknik Informatika 587 orang dan Program studi Sistem Informasi 80 orang.

Sedangkan Fakultas Studi Islam (FSI) Studi Hukum Ekonomi Syariah 64 orang, Studi Ekonomi Syariah 121 orang Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah 61 orang, Keguruan danI lmu Pendidikan (FKIP) Bahasa Inggris 64 orang, Bimbingan Konseling 45 orang dan Pendidikan Kimia 6 orang serta .Program Studi Pendidikan Olah Raga 76 orang.

Begitu juga Fakultas Teknik (FATEK) Teknik Mesin 109 orang, Teknik Sipil 127 orang, Teknik Elektro 68 orang dan Teknik Industri 11 orang dan Fakultas Farmasi 33 orang.