Pembangunan Masjid Abah Guru Sekumpul Masuk Tahap Lelang, Dikerjakan Mulai November

Pembangunan Masjid di Setdaprov Kalsel yang diberi nama Guru Sekumpul akhirnya terealisasi.

Masjid Guru Sekumpul akan dibangun di kawasan Kebun Raya Banua. Foto-dok apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU - Pembangunan Masjid di Setdaprov Kalsel yang diberi nama Guru Sekumpul memasuki tahap lelang. Pada pertengahan November 2022 nanti, peletakan batu pertama bakal dilakukan. 

"Insyaallah paling lambat di pertengahan November diletakkan batu pertama," ujar Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan, Sabtu (29/10).

Setelah itu, kata dia, dilanjutkan pembangunan pondasi. Masjid Guru Sekumpul kemudian akan dilakukan pembangunan dari 2023 hingga 2024.

Masjid ini sendiri didesain dengan konsep terbuka tanpa dinding. Menurut Solhan tak akan banyak berubah dari desain awal.

"Memang desainnya dari hasil sayembara seperti itu," paparnya.

Solhan menyebut, di awal ini mungkin akan ada pembukaan lahan dulu. Terkait anggaran dan luasan lahan pembangunan masjid itu, dirinya mengaku tidak hapal.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengungkap rencana pembangunan masjid di kawasan perkantoran Pemprov dalam hari jadi Kabupaten Banjar.

Dirinya mengatakan, jika mendapatkan izin, maka masjid yang akan dibangun oleh Pemprov Kalsel itu akan diberi nama Abah Guru Sekumpul. "Semoga bisa terlaksana,” katanya, kala itu.

Nama Abah Guru Sekumpul sendiri merupakan panggilan Tuan Guru H Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, salah satu keturunan dari ulama besar Kalimantan, Syekh Muhammad Arsyad Albanjari.