Arus Mudik 2023

Pelabuhan Kumai, Dishub Kalteng: Alternatif Bagi Pemudik Kotim

Dishub Provinsi Kalteng memastikan ketersediaan angkutan kapal di Pelabuhan Kumai, menjadi alternatif bagi pemudik yang berasal dari Kotawaringin Timur.

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan, ketersediaan angkutan kapal di Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat dapat menjadi alternatif bagi pemudik yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Foto: majalahdermaga.co.id

apahabar.com, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memastikan ketersediaan angkutan kapal di Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat dapat menjadi alternatif bagi pemudik yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

"Hal ini melihat dari jumlah ketersediaan atau keberangkatan kapal angkutan melalui Pelabuhan Kumai yang cukup banyak," kata Kadishub Kalimantan Tengah Yulindra Dedy di Palangka Raya, Sabtu (8/4).

Untuk itu, pemudik yang berasal dari Kotawaringin Timur diimbau agar tidak terpaku terhadap ketersediaan angkutan yang ada di Sampit, Kotawaringin Timur, baik pesawat maupun kapal laut, tetapi juga dapat melihat alternatif lain seperti melalui Kotawaringin Barat.

Berdasarkan data untuk 2023 pada Pelabuhan Sampit menghadapi arus mudik Lebaran, tersedia beberapa jadwal keberangkatan kapal baik Pelni maupun Dharma Lautan Utama (DLU) dengan kapasitas angkut penumpang mencapai sekitar 5.920 orang.

Baca Juga: BNPB Antisipasi Dampak Bencana Jelang Arus Mudik-Balik Lebaran 2023

Kadishub Kalteng Yulindra Dedy. Foto: ANTARA

Sehingga masih memerlukan penambahan kapal angkutan sebanyak dua kali keberangkatan dan hal ini telah disampaikan kepada pusat agar dapat diakomodir. Mengingat jumlah pemudik melalui Pelabuhan Sampit pada 2023 ini diprediksi mencapai sekitar 8.527 penumpang atau meningkat sekitar 16,5 persen.

Sedangkan ketersediaan jadwal keberangkatan kapal angkutan melalui Pelabuhan Kumai menghadapi arus mudik Lebaran, mencapai hingga 40 keberangkatan dengan kapasitas keseluruhan mampu mengangkut hingga sekitar 25.897 orang.

"Terlebih jika melihat grafik penumpang arus mudik di Pelabuhan Kumai dari 2019 hingga 2022 dibandingkan ketersediaan kapal angkutan yang berangkat, maka dapat menjadi alternatif pemudik dari Kotawaringin Timur," ujarnya.

Berdasarkan data 2019 hingga 2022, jumlah penumpang terbanyak yang berangkat dari Pelabuhan Kumai masih pada 2019 yakni mencapai 21.977 orang, sedangkan pada 2022 mencapai sebanyak 11.713 orang. Jumlah tersebut masih lebih sedikit jika dibanding kapasitas maksimal untuk angkutan mudik Lebaran di Pelabuhan Kumai 2023.