Menyambut Bulan Ramadan

Pedagang Bunga di Banyuwangi Ketiban Berkah Jelang Ramadan: Omzet Sehari Capai Sejuta!

Jelang bulan Ramadhan, pedagang kembang (Bunga) sudah mulai menjamur, di wilayah seputaran kota Banyuwangi, Jawa Timur (19/3). Meski hanya terlihat sepele, namu

Farida salah satu pedagang bunga tabur yang menggelar lapak dagangan di Pasar Banyuwangi, Minggu (19/3). (Foto: apahabar.com/Muhammad Abdul)

apahabar.com, BANYUWANGI - Jelang bulan Ramadan, pedagang bunga sudah mulai menjamur, di wilayah seputaran kota Banyuwangi, Jawa Timur (19/3). Meski hanya terlihat sepele, namun siapa sangka para pedagang bisa meraup penghasilan hingga jutaan rupiah.

Pasalnya, Para peziarah berduyun-duyun datang ke makam keluarga. Kedatangan peziarah ke makam keluarga tidak dengan tangan kosong, nyaris sebagian besar peziarah selalu membawa bunga yang ditaburkan di makam. Peluang inilah yang kemudian ditangkap para pedagang bunga.

Tak hanya berada di makam, Beberapa pedagang kembang dadakan juga sudah mulai terlihat di kawasan Pasar Banyuwangi, Minggu sore (19/3).

Baca Juga: Sambut Ramadan, Warga Cungking Banyuwangi Gelar 'Resik Lawon'

Ita, salah satu pedagang kembang dadakan mengaku dagangannya mulai diserbu pembeli sejak pagi hari. Ia dan pedagang dadakan lain di lokasi yang sama akan berjualan hingga H-1 Ramadan.

"Iya mas, Hari ini sudah ramai. Biasanya mendekati Ramadan makin ramai," kata Ita kepada apahabar.com, Minggu (19/3).

Ita membawa aneka jenis kembang untuk dijual sebagai bunga tabur untuk para peziarah. Bunga-bunga itu seperti mawar, melati, kenaga, dan sedap malam. Bunga teraebut dicampur dan dijual dalam kemasan keresek senilai Rp 5 ribu per bungkus.

Pembeli juga bisa meminta jumlah kembang dengan nominal lain, seperti Rp 3 ribu atau Rp 7 ribu per bungkus.

"Saya membebaskan warga mau beli berapa saja, makanya bunga dagangan saya tidak saya bungkus semua," ujarnya.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan para pembeli, bunga yang diperdagangkan bukan hanya dari kota Banyuwangi saja, namun ada yang dari Jember dan juga Bali.

Pedagang lainnya, Firda menjelaskan bahwa pedagang bunga dadakan ini hanya muncul saat momen-momen tertentu. Salah satunya saat menjelang Ramadan ini. Sementara itu, pembeli paling ramai datang saat pagi dan sore hari.

Baca Juga: Menyusuri Tradisi Nyadran di Lereng Damalung

"Biasanya mulai ramai sekitar pukul 9 pagi dan sekitar pukul 3 sore," katanya.

Hasilnya dari berjualan bunga pun tergolong lumayan. Ita, Firda, dan para pedagang kembang lainnya bisa meraup uang antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta per hari.

"Iya, kalau sampai sore bisa dapat sampai Rp1 juta," ujar Firda.

Ita salah satu pedagang bunga yang sedang melayani peziarah yang sedang membeli bunga dagangannya di kawasan Pasar Banyuwangi, Minggu (19/3). (Foto: apahabar.com/Muhammad Abdul)

Sementara itu, salah satu pembeli Eni mengaku merasa terbantu dengan adanya pedagang bunga tersebut. Sebab, iya tak perlu repot lagi harus mencari bunga untuk menyekar di makam keluarganya.

"Saya sudah biasa beli keperluan nyekar di pasar," ujar Eni pada apahabar.com.

Diketahui, Para pembeli bunga di Pasar Banyuwangi bukan hanya berasal dari kecamatan setempat. Warga dari daerah lain yang kebetulan sedang melintas turut membeli bunga untuk menyekar makam leluhurnya.

Baca Juga: Kompleks Pemakaman Gunungpring Magelang Ramai Dipadati Peziarah

Sekadar diketahui, nyekar merupakan salah satu tradisi masyarakat muslim di Jawa. Mereka memanfaatkan momen-momen khusus seperti menjelang Ramadan untuk berkunjung ke kuburan sesepuhnya.

Selain menabur bunga, mereka (masyarakat) muslim biasanya turut membersihkan makam dan membacakan doa setiap kali menyekar di makam.