Pemilu 2024

PDIP Pastikan Ganjar - Mahfud Siap Debat Hari ini

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang debat perdana calon presiden (capres).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

apahabar.com, JAKARTA - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang debat perdana calon presiden (capres).

Hasto menyebut pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD siap menjalankan debat ini. Sebab, Hasto menilai tema kali ini sesuai dengan kemampuan Ganjar-Mahfud.

“Ini berkaitan dengan kompetensi kepemimpinan beliau, Ganjar-Mahfud telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya,” kata Hasto di Kantor KPU Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

Baca Juga: Jelang Debat Perdana, Gibran Cuti 2 Hari

Adapun KPU menyiapkan 6 segmen untuk debat capres. Masing-masing capres nantinya akan mengambil pertanyaan secara acak untuk dijawab. Kemudian, dua capres lainnya dipersilakan untuk menanggapi jawaban capres sebelumnya.

"Misalkan, kesempatan pertama, si calon A itu menjawab pertanyaan moderator, calon B dan C diberikan kesempatan untuk menanggapi apa yang disampaikan oleh calon A," ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

"Setelah ditanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear di bagian perdebatan itu," lanjut dia.

Baca Juga: Debat Cawapres Ditiadakan, Puan Minta KPU Berembuk Kembali

Menurut Hasyim, 11 panelis yang sudah ditetapkan KPU menyiapkan 18 pertanyaan sesuai dengan tema debat perdana. Hasyim mengatakan daftar pertanyaan tersebut baru akan disampaikan kepada KPU hari ini.

Diketahui, debat perdana yang akan diikuti para calon presiden yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan digelar besok, Selasa (12/12) di Kantor KPU. Debat tersebut rencananya akan digelar pukul 19.00 WIB.

Adapun tema yang akan dibahas ialah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, penanganan disinformasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.