Kalteng

Pasien Sembuh Covid-19 di Kalteng Capai 2.976 Orang

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Selama dua hari berturut-turut, kabar pasien sembuh dari corona virus disease atau…

Oleh Syarif
Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah, Rita Julianty. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Selama dua hari berturut-turut, kabar pasien sembuh dari corona virus disease atau Covid-19 di Kalimantan Tengah cukup menggembirakan.

“Namun kecepatan penyebaran dan penularan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan,” kata Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah, Rita Julianty, Minggu (4/10).

Berdasarkan data perkembangan Covid-19, sehari sebelumnya angka kesembuhan di Kalimantan Tengah mencapai 82 orang. Sementara hari ini 30 orang, sehingga total sembuh 2.976 orang.

Untuk itu hendaknya tetap selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menggalakkan gerakan 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Hal itu semata-mata dilakukan, agar bisa terhindar dari risiko terpapar Covid-19 demi memutus mata rantai penularan.

Dalam kesempatan itu Rita juga menyampaikan agar masyarakat tidak termakan hoaks tentang penggunaan masker yang sempat beredar di grup-grup whatsapps (WA).

Ia menegaskan, penggunaan masker tidak akan menyebabkan hipoksia, yakni rendahnya kadar oksigen di sel dan jaringan tubuh.

Penggunaan masker tidak dapat menyebabkan penyakit legionnaires, yakni penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan dapat menimbulkan radang di paru-paru, tapi tidak bisa ditularkan antar manusia dan tidak tertular melalui masker

Pada masker tidak ada antena 5G, melainkan strip logam di sisi bagian atas, sebagai alat yang ditambahkan untuk mempermudah seseorang dengan hidung pengguna.