ASEAN Para Games 2023

Para Tenis Meja Indonesia Dedikasikan Gelar Juara Umum untuk Mendiang David Jacobs

Tim para-tenis meja Indonesia sukses menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 dengan membawa pulang 31 medali emas. 

Tim para tenis meja Indonesia menjadi juara umum dengan 31 medali emas di ASEAN Para Games 2023. (Foto: dok. kemenpora)

apahabar.com, JAKARTA - Tim para tenis meja Indonesia sukses menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 dengan membawa pulang 31 medali emas. 

Pelatih para tenis meja Indonesia, Bayu Widhi Hapsara Purba mengungkapkan hasil itu dipersembahkan untuk mendiang David Jacobs yang merupakan mantan atlet para-tenis meja kebanggaan tanah air. 

"Kami termotivasi dan bertekad meraih prestasi sebaik-baiknya di Kamboja. Medali emas ini kami dedikasikan untuk beliau (David Jacobs)," tutur Bayu Widhi melalui pernyataan tertulis. 

David Jacobs meninggal dunia pada 28 April 2023 lalu, atau tepatnya sebulan sebelum keberangkatan kontingen Indonesia ke Kamboja. 

Baca Juga: Bangga! Kontingen NPC Indonesia Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games

Bayu tak menapik jika kepergian David memukul para atlet, pelatih, dan ofisial mengingat dirinya merupakan jagoan para-tenis meja Indonesia. 

Dari 31 emas yang dibawa pulang, 12 diantaranya didapat oleh tim para-tenis meja tim Indonesia pada pertandingan hari terakhir, Kamis (8/6) di Table Tennis Hall Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja. 

Menurut Bayu, salah satu kunci performa impresif anak asuhnya di ASEAN Para Games 2023 adalah persiapan panjang sejak tahun lalu. 

"Kami hanya istirahat tidak sampai dua bulan (setelah ASEAN Para Games tahun lalu) kemudian pelatnas lagi secara kontinyu. Program itulah yang membuat para atlet semakin matang dan mencapai prestasi ini," tutup Bayu.