Tak Berkategori

Panitia Sediakan 78 Dapur Umum di Haul Sekumpul ke-14, Berikut Perinciannya

apahabar.com, MARTAPURA – Sebanyak 78 dapur umum sudah terdata di Posko Induk (Panitia) untuk Haul Sekumpul…

Bupati Banjar KH Khalilurrahman ikut berpartisipasi membantu Haul Sekumpul ke-13, tahun sebelumnya. Foto-infopublik.id

apahabar.com, MARTAPURA – Sebanyak 78 dapur umum sudah terdata di Posko Induk (Panitia) untuk Haul Sekumpul ke-14 pada 9-10 Maret nanti.

Koordinator Posko Induk Sekumpul H. Abdel Rahman Ramadan menuturkan, pihaknya melakukan pendataan dapur umum di Haul Sekumpul ke-14 lebih intensif dari tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya hanya terdata 50 dapur umum, tahun ini sudah terdata 78.

"Tapi itu bukan penambahan, tetapi di tahun sebelumnya tidak terdata saja," ucap H Abdel pada apahabar.com, Rabu (30/1) malam.

Baca Juga:12 Ribu Relawan Sudah Terdaftar, Panitia: Kebersihan dan Kesehatan Masih Diperlukan

Untuk tahun ini, sambung H Abdel, para relawan dapur umum yang tersebar di berbagai tempat di Martapura itu merespon dengan baik pendataan yang dilakukan Posko Induk Sekumpul.

“Ketika kami lebih intensif untuk pendataan, mereka merespon untuk mendaftarkan dapurnya. Harapannya dengan pendataan tersebut, lebih memudahkan koordinasi pendistribusian suplai (konsumsi) ke semua dapur umum yang sudah terdata," terangnya.

H Abdel berharap, pendataan dapur umum ini dilakukan agar dapur-dapur yang tidak sampai suplai konsumsi di tahun lalu, dapat teratasi di Haul Sekumpul ke-14 ini. Selain itu, dengan pendataan ini panitia bisa mengkoordinir agar konsumsi tidak menumpuk di salah satu titik saja (dapur).

Baca Juga:Jelang Haul Sekumpul ke-14, Polres Banjar Siapkan Jalur Dua Calon Presiden

Rencananya, menurut H Abdel, pada acara puncak di Minggu (10/3) sore hingga malam, 78 dapur umum akan memasak 6.155 blek beras dan 33.237 ton daging sapi, yang kemungkinan jadi 83.925 bungkus nasi.

"Untuk sementara. Ke depannya bisa bertambah bisa berkurang," ujarnya.

Beras, daging sapi, dan bumbu, dikatakan H Abdel, buah dari sumbangan swadaya masyarakat.

“Kami tidak ada penggalangan dana baik itu mengunakan amplop, di media sosial maupun lewat rekening itu sangat tidak kami benarkan. Ketika masyarakat ingin menyumbang silakan ke dapur umum, Musholla Ar-raudhah, dan Posko Induk. Sumbangan dari donatur baik yang kecil maupun yang besar kami tidak memilah-milah, ketika ingin menyumbang silakan. Dengan catatan tidak ada embel-embel atau sponsor,” tegasnya.

Baca Juga: Jelang Haul Sekumpul ke-14, Dinkes Siapkan 800 Tim Kesehatan

Reporter: Reza Rifani
Editor: Muhammad Bulkini