SEA Games 2023

Panen Kartu Merah, Indonesia Raih Emas Usai Sikat Thailand 5-2

Timnas Indonesia berhasil menaklukan Thailand dengan skor 4-2 di Final SEA Games 2023 Kamboja, Selasa malam (16/5)

Indonesia berhasil meraih title juara SEA Games 2023 usai menaklukan Thailand dengan skor 4-2. Foto: Reuters

apahabar.com, JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil menaklukan Thailand dengan skor 5-2 di Final SEA Games 2023 Kamboja, Selasa malam (16/5). 

Meski diwarnai dengan insiden keributan dan panen kartu merah, skuad Garuda Muda berhasil membungkan eksistensi Thailand di SEA Games. 

Irfan Jauhari membawa Indonesia kembali unggul 3-2 pada menit ke-90 lewat sepakan pelan namun tinggi. 

Gol yang dicetak Irfan Jauhari berujung pada keributan kembali di pinggir lapangan. Ofisial Indonesia dan Thailand terlibat adu pukul.

Manajer Timnas Indonesia Sumadji terlihat terjatuh dalam insiden baku hantam antara Indonesia dan Thailand. Sumardji pun harus dibopong oleh dua ofisial Garuda Muda dari lapangan ke bench pemain.

Insiden keributan di luar lapangan itu berujung dengan banjir kartu merah. Wasit Matar Ali Al Hatmi memberikan kartu merah kepada bek Indonesia Komang Teguh dan juga kiper Thailand Soponwit.

Al Hatmi juga memberikan kartu merah lain kepada ofisial Thailand dan Indonesia.

Pada babak tambahan Indonesia mendominasi atas Thailand. Selain karena Thailand kelelahan, Indonesia juga unggul jumlah pemain. 

Hal itu terbukti dengan Fajar Fathur Rahman mencetak gol pada menit ke-107. Unggul 4-2 dan juga unggul jumlah pemain membuat Indonesia mengendurkan tempo permainan. Garuda Muda memilih bermain operan-operan pendek.

Indonesia kembali membuat Thailand menderita lewat gol kelima yang dicetak Beckham Putra di menit ke-119. 

Dengan hasil tersebut, Indonesia berhasil meraih title juara SEA Games untuk pertama kalinya setelah penantian panjang 32 tahun.