Tak Berkategori

Ops Lilin – Intan 2020, Polres Tanah Laut Laksanakan Apel Gelar Pasukan

apahabat.com, PELAIHARI – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Tanah Laut menggelar apel gelar pasukan…

Sukamta saat mengecek pasukan di sela apel gelar pasukan Operasi Lilin Intan 2020, Senin (21/12) pagi. Foto-Istimewa

apahabat.com, PELAIHARI – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Tanah Laut menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Intan 2020, Senin (21/12) pagi.

Apel gelar pasukan melibatkan aparat gabungan yang terdiri dari personel Polres Tanah Laut, Kodim 1009/Pelaihari, Kompi C 623/Pelaihari, Satpol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan serta Pramuka.

Apel dilaksanakan di lapangan Polres Tanah Laut dipimpin oleh Bupati Tanah Laut Sukamta sebagai inspektur.

Hadir dalam kegiatan itu, Dandim 1009/Pelaihari, Sekda Dahnial Kifli, perwakilan Pengadilan Negeri Pelaihari, Danki Senapan C 623/Pelaihari, perwakilan Kejari Tanah Laut, perwakilan Senkom, dan seluruh PJU Polres Tanah Laut.

Sukamta yang membacakan amanat Kapolri mengatakan Operasi Lilin Intan 2020 akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Kegiatan ini akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Tentunya, kata dia, kegiatan tetap dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam pelaksanaannya, ada 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya yang akan dilibatkan.

Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 675 pos.

"Tidak ada perayaan Tahun Baru di seluruh Kabupaten Tanah Laut, termasuk di tempat wisata. Saya tidak memberikan izin. Cukup berdoa di rumah masing-masing. Tidak usah berkerumun. Mudah - mudahan pandemi Covid - 19 cepat berlalu," tegasnya.

Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, kemudian dilanjutkan dengan patroli gabungan berskala besar yang melibatkan TNI - Polri dan pemerintah daerah dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Intan - 2020.