Pemkab Tanah Bumbu

Oprit Jembatan Batulicin Anjlok, Warga Minta Segera Diperbaiki

apahabar.com, BATULICIN – Sejumlah warga mengeluhkan anjloknya oprit Jembatan Batulicin yang menjadi akses vital bagi masyarakat…

Oprit jembatan Batulicin yang anjlok. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Sejumlah warga mengeluhkan anjloknya oprit Jembatan Batulicin yang menjadi akses vital bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Jembatan yang sudah berusia puluhan tahun itu juga menjadi akses penghubung Kalsel, Kaltim, dan Kalteng.

Informasi dihimpun WartawanApahabar.com, bagian oprit jembatan yang anjlok sepanjang 2 meter dari lebar jalan 6 meter. Sepintas, pengendara memang tak akan melihat jika bagian oprit di jembatan itu agak menjorok ke dalam. Namun, jika tidak waspada, kondisi itu akan sangat membahayakan pengguna jalan.

“Kami harap jembatan itu segera diperbaiki karena sering terjadi kecelakaan,” ujar Lurah Batulicin, Hendro Satria Rakhmatullah, kepadaapahabar.com, Senin (11/2/2019).

Oprit jembatan Batulicin yang anjlok. Foto-Istimewa

Baca Juga:Kampanyekan Pemilu Damai, Polsek Kuranji Gelar Nonton Bareng Wayang Kulit

Ia menjelaskan, anjloknya oprit jembatan tersebut sudah terjadi sekira tiga bulan yang lalu. Kondisi itu jelas sangat mengganggu pengguna jalan terutama warga yang melintas dari Batulicin – Pagatan, atau sebaliknya.

“Apalagi itu posisinya ada di turunan jalan. Para pengendara mobil dan motor juga sering ngebut dengan arah berlawanan sehingga rawan kecelakaan. Kita harapkan segera diperbaiki,” katanya.

Mimink Boy, pengendara yang sering melintas di kawasan itu mengakui jika anjloknya oprit jembatan itu sangat berbahaya bagi pengguna jalan.

“Saya setiap hari melintas di jembatan itu. Memang berbahaya sekali,” katanya.

Mimink menduga anjloknya oprit jembatan Batulicin karenabanyaknya armada bertonase besar yang melintas di kawasan itu. Menurutnya, armada bertonase besar itu dapat mempercepat sekaligus memperparah kerusakan oprit jembatan.

Kondisi oprit jembatan Batulicin yang anjlok ternyata sudah diketahui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanbu.

Kepadaapahabar.com, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Tanbu, Hernadi, menjelaskan anjloknya oprit jembatan itu disebabkan karena ada pasangan batu dinding yang jebol, sehingga menyebabkan oprit jembatan anjlok.

“Itu sudah kami laporkan ke Balai Jalan Nasional dan akan segera ditangani,” tukas Hernadi.

Oprit jembatan Batulicin yang anjlok. Foto-Istimewa

Baca Juga:Haul H Maming Usung Tema Kebangsaan

Reporter: Puja MandelaEditor: Aprianoor