Tak Berkategori

Nuansa Baru Lembaga Pembinaan Khusus Anak

apahabar.com, MARTAPURA – Gedung baru Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, Jalan Pintu Air,…

Peresmian Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura yang dihadiri Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur. Foto-Reza Rifani

apahabar.com, MARTAPURA – Gedung baru Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, Jalan Pintu Air, Tanjung Rema Darat, Kecamatan Martapura diresmikan, Senin (28/1/2019) siang.

Bangunan yang menghabiskan APBN 2018 senilai Rp13 miliar tersebut mempunyai beberapa fasilitas seperti 1 gedung serbaguna dan 2 gedung paviliun terdiri 4 blok kamar. Tak hanya itu, di LPKA Kelas 1 Martapura juga ada fasilitas untuk beribadah dan olahraga.

Kepala LPKA kelas I Martapura, Muhammad Latif Safiudinmengemukakan, pembangunan tersebut memakan waktu 5 bulan, dari Agustus dan selesai Desember 2018. Bangunan didesain khusus untuk anak 12 tahun dan remaja usia 18 tahun.

Baca Juga:Deadline Habis, Pemkot Banjarmasin Siagakan Ratusan Polisi Pamong Praja

Wadah rehabilitasi ini menampung 100 orang tahanan kasus pidana anak se Kalimantan Selatan.”Tahanan kiriman itu datang dari Kotabaru dan Banjarmasin," ucapnya.

Kepala Kantor Wira Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Selatan, Ferdinand Segian menuturkan bahwa gedung baru LPKA yang bernuansa ramah anak tersebut sesuai keinginan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Bangunan LPKA bernuansa bermain serta pendidikan khusus anak. Jadi setelah mereka keluar nantinya tidak dicap sebagai napi oleh masyarakat,” harapnya. Sementara gedung lama jadi lapas satu-satunya khusus perempuan.

Baca Juga:BPBD Segera Pasok Logistik untuk Korban Kebakaran di Batulicin

Reporter: Reza Rifani
Editor: Syarif