Arus Mudik 2023

Mudik Lebaran, Jasa Marga Siapkan 11 SPKLU Hingga Mobil Derek

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan 11 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dalam rangka menjaga mobilitas masyarakat selama momen mudik lebaran.

Salah satu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Foto: PLN

apahabar.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan 11 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dalam rangka menjaga mobilitas masyarakat selama momen mudik lebaran. Selain itu, disediakan pula mobil derek antisipasi terjadinya mobil mogok di tengah perjalanan.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan pihaknya berkomitmen mendukung kelancaran masa mudik Lebaran 1444 Hijriah. Begitu juga para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Adapun pemilihan lokasi tersebut sudah berdasarkan hasil pemantauan.

"Kami sudah memetakan di mana mobil itu kehabisan bahan bakar," ujar Subakti dalam acara Ngopi Bareng BUMN di Synergy Lounge, Jakarta, Kamis, (6/4).

Kemudian, tersedia juga mobil derek untuk mengantisipasi adanya kendaraan listrik yang kehabisan daya atau baterai di tengah perjalanan. "Kalau mogok, kami siapkan mobil derek untuk mengangkut mobil tersebut ke rest area dengan SPKLU yang terdekat," lanjutnya.

Baca Juga: Diskon Tarif Tol, Jasa Marga Optimistis Pendapatan Tidak Menurun

Subakti menjelaskan bahwa pihaknya membutuhkan persiapan yang matang dalam rangka menyambut mudik lebaran 2023 itu. Terlebih, dia menyadari akan lamanya pengisian daya untuk mobil listrik. Satu mobil listrik dengan kondisi battery nol persen bisa membutuhkan waktu hingga 3 jam agar terisi penuh. 

"karena itu, Jasa Marga juga menyediakan goodie bag berupa makanan untuk para pemudil yang mengalami kendala tersebut," pungkasnya.

Adapun daftar SPKLU yang tersebar di 15 Titik yang bisa digunakan pemudik di Jalan Tol Trans Jawa, sebagai berikut:

1. Rest Area KM 519A Solo-Ngawi
2. Rest Area KM 519B Solo-Ngawi
3. Rest Area KM 389B Batang-Semarang
4. Rest Area KM 379A Batang-Semarang
5. Rest Area KM 207A Palikanci
6. Rest Area KM 208B Palikanci
7. Rest Area KM 10A Jagorawi
8. Rest Area KM 6B Jakarta-Cikampek
9. Rest Area KM 21B Jagorawi
10. Rest Area KM 13A Jakarta-Tangerang
11. Rest Area KM 456B Semarang-Solo
12. Rest Area KM 62B Jakarta-Cikampek
13. Rest Area KM 57A Jakarta-Cikampek
14. Rest Area KM 88A Cipularang
15. Rest Area KM 88B Cipularang