Tak Berkategori

Mudik, 6.836 Orang Tinggalkan Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Jelang lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, lonjakan penumpang mulai terasa di Terminal…

Pemudik di Terminal Pal 6 Banjarmasin. Foto-apahabr.com/AHC07

apahabar.com, BANJARMASIN – Jelang lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, lonjakan penumpang mulai terasa di Terminal Pal 6 Kota Banjarmasin.

“Peningkatan angka penumpang dimulai sekitar H-7,” ujar Kepala Seksi Terminal Tipe B Wilayah 1, Ahmad Husaini, Senin (3/6) siang.

Dari data yang diambil melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalsel dan Balai Pengelolaan Transportasi Daerah (BPTD) XV Kalimantan Selatan, total penumpang di Terminal Pal 6 dari H-7 hingga H-3 Lebaran sebanyak 6.836 orang.

Angka tersebut adalah total keseluruhan penumpang yang berangkat yaitu 2.994 dan yang datang, yaitu 3.842, melalui Angkutan Kendaraan Dalam Provinsi (AKDP), maupun Angkutan Kendaraan Antar Provinsi (AKAP).

Dirinya mengungkapkan, setiap tahunnya Terminal Pal 6 biasanya akan lebih banyak memberangkatkan penumpang saat arus balik pasca lebaran.

Kendati demikian, lonjakan penumpang pada arus mudik tahun ini dinilai masih kurang, dibandingkan lonjakan penumpang tahun lalu.

Menurut Husaini, hal itu terjadi dikarenakan masyarakat kebanyakan sudah memiliki dan memilih untuk memakai kendaraan pribadi saat bepergian untuk mudik lebaran.

Kemudian, masih banyaknya terminal bayangan atau liar yang mengambil penumpang diluar terminal pal 6. Serta adanya program mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Isur, salah satu pemilik agen penjualan tiket bus di terminal Pal 6 Banjarmasin. “Sudah 35 tahun aku disini, tiap tahun lebih ramai saat arus balik,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa adanya program mudik gratis dari Pemprov Kalsel juga mempengaruhi angka penumpang di terminal. Hal sama diakui oleh beberapa pemilik agen tiket bus lain di Pal 6 Banjarmasin.

Baca Juga: Ini Pelayanan Posko Mudik Hingga Arus Balik di Balangan

Baca Juga:Pemudik Via Bandara Syamsudin Noor Dapat Tasbih dari Kapolda Kalsel

Baca Juga:Pemudik Melintas di Rantau Terkendali

Baca Juga:Kapolda Kalsel Cek Kesiapan Arus Mudik Pelabuhan Trisakti

Reporter: AHC07
Editor: Syarif