Jalur Sepeda

Motor Gunakan Jalur Sepeda, Komunitas: Terpaksa Pakai Jalur Mobil

Pesepeda dari Komunitas Bike4Community, Riscky Ramadhan mengungkapkan jalur sepeda saat ini, sudah banyak digunakan oleh pengedara motor.

Komunitas Bike4Community di Bundaran HI. (Foto: apahabar.com/Gabid Hanafie)

apahabar.com, JAKARTA – Pesepeda dari Komunitas Bike4Community, Riscky Ramadhan mengungkapkan jalur sepeda saat ini, sudah banyak digunakan oleh pengedara motor.

Sehingga, memaksa pengguna sepeda untuk melalui jalur yang digunakan untuk mobil. Namun hal tersebut menjadi berbahaya bagi kedua pihak.“

Baca Juga: Minggu Malam DKI Jakarta Hujan

Jadi kan kemarin sempat kejadian yang pesepeda yang nyampe ke jalur mobil, itu dikarenakan jalurnya itu digunakan sudah dialih fungsi,” ujarnya kepada apahabar.com di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (11/12).

Jalur sepeda saat ini banyak digunakan untuk lahan berjualan, sebagai tempat parkir motor dan juga banyak dilalui oleh pengedara roda dua.

Menurutnya, hal itu terjadi karena kurangnya pengamanan yang ada di jalur sepeda, sehingga fungsi utama dari jalan tersebut menjadi tidak optimal.

“Kalau pengamanannya lebih ditingkatkan, maka penggunaan jalur sepedanya bisa dioptimalisasi, para pengguna motor juga tidak akan melawati jalur tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga: Kemendikbud Tak Tahu Rencana Jerman akan Tarik Akademisi

Riscky menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari. Tidak hanya untuk berolahraga tapi sebagai alat tranpostasi untuk berangkat bekerja.

Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah bisa meningkatkan pengamanan di jalur sepeda. Hal itu perlu dilakukan agar jalur sepeda dapat sesuai fungsi utamanya.

“Diharapkan ada penjagaan di jalur sepeda supaya lebih efektif digunakan untuk pengguna sepeda,” kata Riscky.