Lebaran 2023

Monas Menjadi Destinasi Wajib Warga Luar Kota Berlibur ke Jakarta

Monas menjadi pilihan bagi warga Jakarta maupun luar kota untuk menikmati waktu liburan lebaran tahun ini.

Warga menikmati Monas saat malam hari, Minggu (23/4). apahabar.com/Andrey

apahabar.com, JAKARTA - Monas menjadi pilihan bagi warga Jakarta maupun luar kota untuk menikmati waktu libur lebaran tahun ini. Beberapa pengunjung dari luar Jakarta memilih berwisata Monas karena sebagai ikon kota Jakarta.

Salah satunya Septiawan (39), bersama kedua anak dan istrinya, dari Lampung ia menghabiskan waktu liburannya di Jakarta. Ia berangkat dari Lampung pukul 07.00, dan tiba di Jakarta pukul 15.00.

"tadi sampai sini jam 3an, istirahat di hotel sebentar, terus lanjut kesini (Monas)," ujar Septiawan, Minggu (23/4).

Baca Juga: Lebaran H+2, Sebanyak 60 Ribu Wisatawan Padati Monas

Ia senang mengajak anaknya yang saat ini duduk di kelas 2 SD ke Monas lantaran ada Museum Sejarah Nasional. Museum tersebut memberikan wawasan bagi anaknya tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Selain itu, naik ke atas Tugu Monas memberikan sensasi dan pengalaman menarik bagi keluarganya. Di puncak tugu Monas ia bisa melihat dengan jelas pemandangan kota Jakarta dengan teropong.

"Anak-anak senang foto-foto dan main disini, tadi langsung naik ke atas, senang lah liat pemandangan Jakarta, besok lanjut ke Ancol" ujarnya.

Baca Juga: [FOTO] Pesona Warna-warni Tugu Monas dan Air Mancur Menari di Malam Hari

Sama halnya dengan Septiawan, Fanny (45) asal Majalengka, bersama keluarga besarnya ia menikmati malam hari di Monas setelah seharian mengunjungi Kebun Binatang Ragunan. Bersama 8 orang keluarganya ia tampak riang berfoto di depan Monas yang penuh warga-warni saat video mapping dinyalakan. 

"Sebelum pulang, pastinya harus mampir ke sini, Nggak afdol kalau ke Jakarta nggak foto-foto di Monas," ujarnya.

Selain gratis, banyak pertunjukan dan pementasan menarik untuk berwisata ke Monas saat libur lebaran. Seperti air mancur menari, pementasan musik, dan video mapping yang membuat Tugu Monas bercahaya warna-warni. Selain itu, banyak suguhan menarik yang ditawarkan di sekitar Monas seperti naik delman.

"Tadi keliling naik Delman, terus berhenti sebentar, foto-foto di depan istana, asyik juga," ujarnya.

Baca Juga: Monas Bakal Suguhkan Atraksi Air Mancur Menari Saat Libur Lebaran

Monas merupakan Monumen kebanggaan kota Jakarta. Monumen ini didirikan tahun 1959 untuk mengenang perjuangan Bangsa Indonesia dan juga sebagai wahana untuk membangkitkan semangat patriotisme generasi sekarang dan akan datang.

Keseluruhan bangunan Monas dirancang oleh para arsitek Indonesia yaitu Soedarsono, Frederich Silaban dan Ir. Rooseno. Pada tanggal 17 Agustus 1961, Monas diresmikan oleh Presiden Soekarno. Dan mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 12 Juli 1975.

Monas selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur untuk melihat keindahan kota Jakarta dari puncak Monas yang dilapisi emas.