Pemkot Banjarmasin

Momen Hari Jadi Banjarmasin 498, Ibnu Sina-Ariffin Pamit

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan Ariffin Noor berpamitan di Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-498 tahun.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan Ariffin Noor berpamitan di Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-498 tahun. Foto: Humas

bakabar.com, BANJARMASIN - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan Ariffin Noor berpamitan di Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-498 tahun.

Kegiatan Harjad ini berlangsung sangat meriah dihadiri oleh ratusan warga Banjarmasin.

Diisi oleh dua artis ibu kota yaitu, Aldi Taher dan Ifan Seventeen. Bertempat di Siring Balaikota Banjarmasin, Sabtu (21/09/24) malam.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menjadi bagian dari perkembangan kota Banjarmasin selama ini.

"Terima kasih banyak sudah menjadi bagian dari kota Banjarmasin, denyut nadi kehidupan di 498 tahun ini. Luar biasa, kota kita sudah sangat maju dan berkembang sebagai kota perdagangan dan jasa," ujar Ibnu Sina dengan penuh semangat.

Wali Kota juga menekankan pentingnya menjaga kesinambungan pembangunan kota. Menurutnya, setiap sudut kota Banjarmasin merupakan ruang budaya, kreativitas, partisipasi, dan kolaborasi yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.

"Keberlanjutan pembangunan inilah yang membuat kota kita bisa berkembang seperti sekarang," ungkapnya.

Ibnu Sina pun memberi contoh konkret dari keberlanjutan pembangunan tersebut, salah satunya adalah kawasan Menara Pandang, ikon kebanggaan kota.

Lanjut, ia menjelaskan bahwa kawasan tersebut direncanakan sejak era almarhum Sopian Arfan, mulai dikerjakan di masa almarhum Yudi Wahyuni, kemudian diperluas oleh H Muhidin, dan akhirnya disempurnakan oleh Ibnu Sina-Arifin. "Ini adalah bukti bahwa keberlanjutan pembangunan menjadi modal dasar kita," tambah dia.

Ibnu Sina juga mengumumkan bahwa ini adalah momen terakhir dirinya berdiri sebagai Wali Kota Banjarmasin di peringatan Hari Jadi kota tersebut. "Tahun 2025 akan terpilih wali kota yang baru. Oleh karena itu, ulun mohon pamit dan terima kasih sudah menjadi bagian dari kota Banjarmasin. Tahun depan, ulun tidak berdiri di sini sebagai wali kota, tetapi sebagai warga biasa, sama seperti pian berataan," tuturnya penuh haru.

Di kesempatan yang sama, Ibnu Sina juga menerima penghargaan dari Paguyuban Komunitas UMKM sebagai bentuk apresiasi atas program-program yang telah digagas pemerintah kota sekaligus didaulat menjadi Abah UMKM Kota Banjarmasin.

"Dari paguyuban komunitas UMKM, ada apresiasi untuk upaya yang sudah kita lakukan, terutama Program Wirausaha Baru berbasis UMKM. Program ini telah membantu banyak UMKM yang kini sudah menerima bantuan, seperti program Bahuma Bausaha tanpa bunga, program Kauli Inkubator, dan lainnya," ungkap Ibnu Sina.

Ibnu Sina menyampaikan harapannya agar semua program yang telah sukses dijalankan tetap diteruskan oleh kepemimpinan yang akan datang. "Keberlanjutan pembangunan adalah sebuah kepercayaan. Ini bukan hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk 10, 20, hingga 30 tahun ke depan," ujarnya lagi.

Terakhir, Wali Kota juga memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh inspiratif yang telah berkontribusi terhadap kemajuan kota Banjarmasin. "Ini adalah apresiasi kepada tokoh-tokoh masyarakat yang telah berperan, mulai dari sektor UMKM, lingkungan, hingga pelestarian kesenian tradisional dan olahraga," pungkasnya.