Persaingan Pasar EV

Mobil Listrik Seres E1 Rilis, Hyundai: Bagus, Semakin Banyak Pilihan

Bersamaan dengan perkenalan merek otomotif Seres, PT Sokonindo Automobile turut merilis mobil listrik Seres E1 dalam ajang PEVS 2023.

Mobil listrik Seres E1 melantai di PEVS 2023. (Foto: apahabar.com/BS)

apahabar.com, JAKARTA - Bersamaan dengan perkenalan merek otomotif Seres, PT Sokonindo Automobile turut merilis mobil listrik Seres E1 dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2023.

Dengan kehadiran merek otomotif baru dari China tersebut, semakin menambah persaingan di pasar kendaraan listrik Indonesia setelah Hyundai (Korea Selatan) dan Wuling (China).

Untuk diketahui, hingga saat ini penjualan kendaraan listrik masih didominasi oleh dua merek, yakni Hyundai dan Wuling yang lebih dulu eksis membawa brand asal China ke Tanah Air.

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), volume penjualan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) pada periode Januari-Maret 2023 menyentuh angka 1.800 unit.

Baca Juga: Bersama DFSK, Seres Jadi Merek Mobil Listrik Baru di Indonesia

Pencapaian tersebut didominasi oleh Hyundai Ioniq 5 yang menjadi EV terlaris dengan total wholesale 886 unit.

Dengan pertumbuhan tersebut, pihak PT undai Motors Indonesia mengaku tidak merasa tersaingi dengan kehadiran Seres di pasar mobil listrik Indonesia. 

"Semakin banyak yang terjun ke segmen mobil listrik, tentunya semakin bagus. Karena akan ada banyak lagi pilihan produk kendaraan listrik untuk masyarakat Indonesia," ujar Head of Public Relations PT HMID, Uri Simanjuntak saat dihubungi apahabar.com, Jumat (19/5).

Baca Juga: Hyundai Hadirkan Spider-Verse bersama Ioniq 5 di 11 Kota Indonesia

Menurutnya, dengan adanya tambahan pemain di lini mobil listrik, akan menambah pengetahuan masyarakat Indonesia akan menjadi semakin luas.

"Perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia akan bertumbuh lebih cepat, serta adopsi masyarakat terhadap kendaraan listrik juga akan semakin meningkat," katanya.

Selain itu, ia pun tetap optimistis bahwa produk unggulannya, yaitu Hyundai Ioniq 5 akan tetap memiliki segmen dan peminatnya sendiri. 

"Hal ini terlihat juga dari sambutan yang sangat positif dari masyarakat Indonesia untuk produk mobil listrik dari Hyundai, (yaitu) Ioniq 5," pungkasnya.

Baca Juga: DFSK Gelora E Akan Diproduksi Lokal, Harga Rp350 Jutaan

Mobil Listrik Seres E1

Diketahui, mobil listrik Seres E1 yang melantai di PEVS 2023 akan diproduksi di pabrik DFSK di Cikande, Serang, Banten.

"Untuk harga nanti kita akan umumkan saat kita launch brand-nya, tapi ya saat ini kita akan berusaha untuk memproduksi di fasilitas kami di Cikande," kata Ahmad Rofiqi, Marketing Head PT Sokonindo Automobile di arena PEVS, Rabu (17/5).

Lebih jauh Rofiqi menjelaskan bahwa pihaknya akan berusaha mencakup Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen untuk memproduksi Seres E1.

Baca Juga: Hyundai: Penyegaran Stargazer Active Tak Ganggu Seri Prime

Dengan begitu, kata dia, mobil listriknya, juga bisa mendapatkan insentif berupa PPN-DTP dari 11 persen menjadi 1 persen.

"Produksi pertengah tahun, mudah-mudahan next dua tiga bulan ini kita sudah akan luncurkan. Mungkin nantinya akan ada info lebih lanjut, mengenai kapannya. Kita tunggu saja," ungkapnya.

Terkait harga, di negara asalnya Seress E1 untuk varian tertinggi dibanderol sekitar Rp120 juta hingga Rp140 juta, sedangkan varian di bawahnya, sekitar Rp100 juta.