Kalsel

MHM Bakal Bantu UMKM Kalsel Kantongi Izin BPOM

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming…

Ketua BPP HIPMI, Mardani H Maming dalam acara ngopi bareng yang digelar di Cafe Rumah The Panasdalam Banjarmasin, Senin (4/11) malam. Foto-apahabar.com/Rizal

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming (MHM) bakal membantu sejumlah pegiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kalsel. Terutama mereka yang belum mengantongi izin Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) agar dibantu melalui permasalahan birokrasi.

“HIPMI akan membantu birokrasi UMKM agar bisa mendapatkan izin BPOM dan disambungkan ke transmart dan alfamart atau indomaret,” ujarnya pada acara Ngopi Bareng di Cafe Rumah The Panasdalam Banjarmasin, Senin (4/11) malam.

Mardani menjawab hal ini lantaran keluhan susahnya sejumlah UMKM di Kalsel untuk menembus izin BPOM. Bahkan hal ini pun sempat diakui Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syarifuddin, di mana keluhan itu telah masuk dalam aspirasi sejumlah UMKM di Kalsel kepada wakil rakyat.

Mardani pun di hadapan para pegiat UMKM yang hadir berjanji siap membantu UMKM agar untuk urusan birokrasi izin dibantu pihaknya. “Ini agar UMKM di Kalsel bisa berkembang lebih baik. Kita akan coba bantu birokrasinya,” ucapnya.

Pada kesempatan Ngopi Bareng ini, pengusaha sukses asal Tanah Bumbu itu berbagi pengalaman-pengalaman yang pernah dihadapi. “Mudah mudahan sharing tadi bisa membagi ilmu agar sukses,” tuturnya.

Dikatakan Mardani, tahun 2017 lalu dia pernah membantu sebanyak 13 pegiat UMKM untuk mengembangkan bisnis.

“Bantuan awal itu sebesar Rp20juta. Ada beberapa yang sudah dibantu sebanyak 13, satu gagal. Semoga hanya satu saja yang gagal dan sisanya bisa terus sukses,” ungkapnya.

Mardani pun bakal melanjutkan komunikasi yang sudah terjalin malam ini bersama UMKM khususnya dengan kepada anak muda apalagi start up. “Akan ada kelanjutannya lagi. Nanti HIPMI akan menkordinasikan start up anak muda Kalsel,” imbuhnya.

Dia pun menjelaskan, HIPMI sebagai langkah pengkaderan akan melakukan goes to campus untuk menumbuhkan pengusaha-pengusaha muda di Indonesia.

“Saya sendiri akan keliling Indonesia untuk masuk ke kampus-kampus memberikan materi,” pungkasnya.

Baca Juga:Cerita Sukses Penjual Sayur Berkat Sokongan MHM

Baca Juga:Ngopi Bareng di Café Rumah The Panasdalam, MHM Tawarkan Metode 'ATM'

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin