Kalsel

Menuju Pilkada Berkualitas, 25 PPK Bekerja 9 Bulan

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin melantik sekitar 25 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada…

Sebanyak 25 Anggota PPK menjalani proses pengambilan sumpah di Aula Kayuh Baimbai Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin melantik sekitar 25 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada serentak 2020 di Aula Kayuh Baiman, Jumat (28/2).

Setiap kecamatan kota seribu sungai bakal diisi lima orang PPK. Pelaksanaan tugas PPK selama 9 bulan terhitung dari 1 Maret hingga 30 November.

Komisioner KPU Banjarmasin, Rahmiati mengatakan PPK yang dilantik dan diambil sumpah jabatan ini untuk turut menyukseskan Pilwali Banjarmasin.

Penyelenggaraan pemilu bakal menindak tegas PKK yang tidak profesional dan integritas.Bahkan KPU sudah mengantisipasi dengan melarang calon PPK untuk bermain mata dengan pasangan calon yang ikut di Pilkada Kota Banjarmasin.

“Jadi kita melaksanakan bimbingan teknis dan pelatihan. Kita sudah mendesain ratusan bimbingan teknis untuk meningkatkan profesionalitas,” ujarnya.

Ia mengatakan PPK harus memiliki profesionalitas lantaran pelaksanaan Pilkada dilaksanakan berbarengan.

Bahkan tanggung jawab lebih kecil dibandingkan Pemilu 2019 lalu, tapi secara aturan Undang Undang wajib ditaati.

“Sebanyak 25 orang ini peserta yang lulus hasil dari mendaftar 142 orang. Kita mencari yang mau mengabdi, bukan sekadar bekerja,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, IbnuSina menerangkan suksesnya Pilkada 2020 sepenuhnya ditangan petugas penyelenggara.

Dan untuk pelaksanaan pemilu bisa berkualitastetap menjadi tanggung jawab bersama diantara pemerintah dan stakeholder terkait.

“Sehingga PKK yang dilantik bisa bekerja sebaik-baiknya dan ada yang pengalaman juga. Saya juga sudah menginstruksikan kepada lurah untuk membantu sesuai dengan perundang-undangan,” pungkasnya.

Baca Juga: Berkas Dukungan Lengkap, Khairul-Ali Al Habsyi Pastikan Maju di Pilkada Banjarmasin

Baca Juga: Pilkada Balangan 2020, Elektabilitas Abdul Hadi Meningkat Jadi 53,1 Persen

Reporter: BahaudinQusairi

Editor: Syarif