Kalsel

Menuju Grand Final, Atak Diang Batola Dikarantina

apahabar.com, MARABAHAN – Tepat 22 hari pasca menyelesaikan audisi, 20 finalis Atak Diang Barito Kuala 2019…

Sebanyak 20 finalis Atak Diang Barito Kuala segera memasuki fase karantina. Foto-Disporbudpar Barito Kuala

apahabar.com, MARABAHAN – Tepat 22 hari pasca menyelesaikan audisi, 20 finalis Atak Diang Barito Kuala 2019 kembali berkompetisi.

10 finalis Atak yang lolos ke fase terakhir adalah I Gusti Arya Aditya, Adi Rujani Sa'ban, M Rishan, Giwan Andrean, M Fajar Hairullah, Andrianto Dani, Rahmad Effendi, Ahmad Hapi, Muhammad Zaki dan Dwi Irfan Maulana.

Sementara 10 finalis Diang diwakili Nadia Ulfahma, Assaniya Asri, Lila Indriyani, Dhiya Rana, Dina Resa Safitri, Syahira Salsabila, Amalia Siti Nurkhadija, Putri Ayu, Rari Salsabila dan Dwida Nispuliani.

Kompetisi terakhir menuju grand final ini ditandai dengan karantina di Hotel Prima Marabahan, Sabtu (20/07/2019). Selama menjalani karantina, 20 finalis mendapatkan berbagai pembekalan.

Dalam hari pertama karantina, mereka mendapatkan materi public speaking for tourism ambassador, kebudayaan Bakumpai dan Kalimantan Selatan, serta Personality Development.

Dilanjutkan pembekalan lain dengan materi Bahasa Inggris, program kerja, serta koreografer dan fashion.

Kemudian di hari kedua, mereka mengawali hari dengan aksi Sapta Pesona berupa gotong-royong membersihkan Siring Ulek Marabahan.

Materi berikutnya yang didapatkan 20 finalis adalah tour guide challenge, beauty class dan pembekalan busana Atak Diang.

Sesi selanjutnya mulai menyeleksi kompetensi finalis. Ditandai dengan talk show pariwisata, depth interview, talent show dan catwalk.

Dimulai sejak pukul 20.00 Wita, Minggu (21/07/2019), Giwan Andrean mendapat kesempatan pertama dalam sesi talent show dengan menampilkan musik panting. Sebaliknya, Lila Andryani menjadi penampil terakhir melalui tarian.

Tidak hanya Giwan, karena Dwi Irfan Maulana juga berusaha memperlihatkan keahlian memainkan panting.

Seakan tidak mau kalah dengan finalis Atak, Syahira Salsabila juga menampilkan alat musik tradisional. Bedanya finalis Diang dari Kecamatan Alalak ini memainkan kuriding.

Juga terdapat sejumlah finalis yang memperlihatkan keahlian beladiri tradisional. Seperti Fajar Hairullah, Ahmad Hapi, Dhiya Rana, Nadia Ulfahma, Rahmad Effendi dan I Gusti Arya Aditya.

“Melalui sesi tersebut, juri sudah dapat memutuskan masing-masing 6 pasang Atak dan Diang yang melaju ke grand final, Senin (17/07/2019) malam,” papar Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Batola, Rosida Watty, Jumat (19/07/2019).

Baca Juga: Inilah 20 Finalis Atak Diang Batola 2019

Baca Juga: Atak Diang Masuki Audisi Pertama

Baca Juga: Seleksi Atak Diang Batola Diperketat

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin