Tak Berkategori

Mengenang Abah Guru Sekumpul (12), Seorang Habib Diberi Isyarat Tentang Rencana Pernikahan Beliau

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada tahun 1975, saat Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani berumur 33 tahun,…

Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani digandeng ulama kenamaan Tuan Guru H Muhammad Badruddin (Guru Ibad) dan Guru Seman Mulya sebelum melangsungkan pernikahan. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Pada tahun 1975, saat Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani berumur 33 tahun, beliau bermaksud melangsungkan pernikahan. Sebelum memberitahkannya pada kerabat dan guru untuk meminta restu, seorang habib datang ke rumah beliau, mengungkapkan isyarat yang sejalan dengan itu.

Abah Guru Sekumpul -Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani- sebagaimana diceritakan KH Ansyari El Karim dalam "Figur Karismatik Ulama Abah Guru Sekumpul" mengisahkan perjalanan sebelum pernikahan beliau yang pertama.

Saat itu, beliau ingin bertukar pendapat dengan Sang Paman, Syekh Seman Mulya. Namun, keinginan itu diurungkan mengingat Guru Seman saat itu juga belum kawin. Bahkan pada waktu itu beliau dikenal dengan julukan, "Guru Seman Bujang."

Di saat "kebingungan" itu, seorang Habib bermimpi bertemu Rasulullah SAW. Di dalam mimpi itu Rasul mengatakan pada habib tersebut; "(yang maksudnya) itu Zaini, dia mau kawin, dia rajin baca maulidku, memuji aku, mengajarkan ilmuku, bantu dia, dan kamu harus turun tangan."

Bangun dari tidurnya, Habib itu pun bergegas menuju rumah Abah Guru dan membicarakan isyarat pernikahan itu pada keluarga Abah Guru (orangtua beliau).

(Ketika meneceritakan pada KH Ansyari, Abah Guru merahasiakan nama Habib tersebut).

Baca Juga: Mengenang Abah Guru Sekumpul (1), Kejadian Ganjil Saat Dilahirkan

Baca Juga: Mengenang Abah Guru Sekumpul (2), Berganti Nama Karena Sebuah Isyarat

Baca Juga:Mengenang Abah Guru Sekumpul (3), Waktu Kecil Diasuh "Wali Majezub"

Kedua orangtua beliau tidak berani mengambil keputusan jika tidak ada izin dari Guru Seman. Maka, mereka pun kemudian bermusyawarah dengan Guru Seman.

Oleh Guru Seman, disarankan Abah Guru untuk meminta izin Syekh Muhammad Syarwani Abdan (Guru Bangil).

Mendengar maksud baik itu, Guru Bangil pun setuju. Namun, beliau menyarankan Abah Guru untuk bertamu ke kediaman KH Abdul Hamid (Kiai Hamid) di Pasuruan, untuk meminta izin dan doa restu.

Malam sebenarnya telah larut (sekitar pukul 4 dinihari), namun Guru Bangil menyarankan Abah Guru berangkat malam itu juga.

Beliau pun langsung berangkat ke Pasuruan saat itu juga, dan sampai di sana menjelang shalat shubuh. Abah Guru pun kemudian shalat shubuh berjemaah di Masjid Agung Al Anwar Pasuruan.

Setelah shalat shubuh, Abah Guru pun menuju ke kediaman Kiai Hamid. Di sana, Kiai Hamid sedang memimpin pembacaan Burdah yang rutin digelar di Jumat pagi. Abah Guru pun mengikuti pembacaan burdah itu hingga selesai.

Setelah selesai, Kiai Hamid langsung meminta Abah Guru mendekat. Kiai Hamid kemudian membacakan ayat Alqur'an, yang dipahami Abah Guru sebagai isyarat izin dan restu untuk melangsungkan pernikahan.

Mendapat isyarat itu, Abah Guru kembali ke Bangil untuk menyampaikan hasil pertemuan beliau dengan Kiai Hamid.

Sepulang dari meminta izin pada Guru Bangil dan Kiai Hamid, Abah Guru kemudian kembali menyerahkan sepenuhnya pilihan mempelai wanita kepada Ibunda (Hj) Masliyah dan Adinda (Hj) Siti Rahmah. Akhirnya diputuskan, (Hj) Juwairiyah binti H Sulaiman, seorang warga di Pasayangan Martapura menjadi mempelai wanitanya.

Pernikahan pun dilangsungkan, Abah Guru turun dari kediaman ayah angkat beliau, Habib Zein Al Habsyi dengan digandeng ulama kenamaan Tuan Guru H Muhammad Badruddin (Guru Ibad) dan Guru Seman Mulya.

Baca Juga: Mengenang Abah Guru Sekumpul (4), Mengumpul "Dua Mutiara dari Tanah Banjar"

Baca Juga: Mengenang Abah Guru Sekumpul (5), Ejekan yang Menjadi Doa

Baca Juga: Mengenang Abah Guru Sekumpul (6), "Kebaikan" yang Dinilai Tak tepat oleh Sang Ayah

Editor: Muhammad Bulkini